Saturday, 03-12-2022
Sosial

“Aku Melihat Indonesia” Bergema pada Puncak Bulan Bung Karno di Darmasaba

Prebekel Darmasaba IB Surya Prabhawa Manuaba (kiri) dan undangan berfoto bersama para pemenang lomba di Bulan Bung Karno.

Badung | barometerbali – Sungguh sedikit yang tahu bahwa Bung Karno memiliki karya sebuah puisi berjudul “Aku Melihat Indonesia”. Karya ini sebagai puisi dibacakan pada perlombaan baca puisi dalam acara peringatan Bulan Bung Karno III dengan tema Taru Prana Bhuwana.

Sebuah peringatan acara penuh semangat tanpa menggunakan anggaran desa diselenggarakan pihak Desa Darmasaba di Warung The Rice Coffee & Grill. Tepatnya, Jalan Carik Aban, Desa Darmasaba, Abiansemal, Badung, Bali, Sabtu (26/06/2021)

Prebekel Desa Darmasaba IB Surya Prabhawa Manuaba dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini dijiwai semangat Bung Karno, yakni semangat Gotong Royong. “Kami ingin benar-benar menerapkan apa yang menjadi semangat Bung Karno itu, tidak sekedar seremonial,” tegasnya.

Sambung Prebekel akrab disapa Gus Surya ini mengatakan, ingin benar-benar mengejawantahkannya dalam berbagai kegiatan. Semangat Gotong Royong acara ini diungkap tidak menggunakan anggaran desa melainkan disupport UMKM ada di lingkungan Desa Darmasaba.

Lanjut Gus Surya sampaikan, khususnya ke depan dalam menjalankan pemerintahan desa, pihaknya senantiasa saling bersinergi bersama lembaga dan komponen lain di desa.

“Baik itu, Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM), Desa Adat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pemuda dan komponen masyarakat Desa Darmasaba lainnya,” sebutnya.

Bupati Badung diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa I Komang Budi Argawa berharap, kegiatan seperti ini akan berkelanjutan dan juga dilaksanakan di desa-desa lain.

“Kegiatan ini memang rangkaian Bulan Bakti Bung Karno di Pemerintahan Desa se-Badung, dan juga kabupaten se-Badung. Ini untuk penghargaan kita kepada Bung Karno, tokoh atau proklamator kemerdekaan dan presiden RI yang pertama,” jelasnya.

Dengan semangat ini, kata Budi Argawa dapat memberikan motivasi kepada generasi muda. Karena mereka sangat kita butuhkan ke depan untuk membangun bangsa dan negara. Apalagi di kondisi seperti sekarang ini, sebutnya penguasaan bidang informasi dan teknologi (IT) sangat dibutuhkan.

“Dengan lomba vlog tadi, salah satunya, harapan kita dapat memotivasi anak-anak muda untuk menggunakan teknologi IT dalam membangun desanya masing-masing untuk mengungkit perekonomian di desa. Harapan kita Desa Darmasaba dapat terus membuat program-program yang membangun Desa Darmasaba. Karena seperti yang menjadi semangat ini bukan membangun desa, tapi desa membangun,” harap Budi Argawa.

Perlu diketahui dalam acara ini selain lomba pembacaan puisi dan pidato, ngevlog, juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih bersama warga di lingkungan Desa Darmasaba dan penanaman pohon untuk penghijauan. Kegiatan lomba ini diikuti kelompok pemuda-pemudi (STT) dari 12 Banjar yang ada di Desa Darmasaba dan diselingi tembang “Sekar Pudak” ciptaan IB Surya Manuaba. (BB/501/ai)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button