Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

Mau Belajar Jurnalistik Gratis? Podium Kreatif Tempatnya

Foto: Sudut ruang kerja wartawan di sebuah kantor media (BB/Skd)

Denpasar | barometerbali – Perkembangan teknologi media berbasis digital (new media) saat ini juga memacu tingginya minat masyarakat belajar bidang jurnalistik. Hal ini pula mendorong Podium Kreatif (Podium.co.id) yang didukung empat asosiasi media digital memprakarsai pelatihan jurnalistik untuk warga secara gratis.

Klub jurnalistik untuk warga yang diinisiasi Podium Kreatif kerjasama dengan Asosiasi Media Online (AMO) Bali, Ikatan Wartawan Online (IWO) Bali, Beranda Netizen dan Komunitas Digital Kreatif (Kode) Bali ini diketuai oleh Founder Podiumnews.com, I Nyoman Sukadana.

Menurut I Nyoman Sukadana akrab disapa Menot ini, pelatihan jurnalistik untuk warga ini bertujuan untuk menampung minat masyarakat Bali yang ingin belajar tentang bidang jurnalistik khususnya yang berbasis digital.

“Pelatihan jurnalistik ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar, seperti bagaimana teknik menulis berita, teknik liputan dan wawancara layaknya wartawan yang bekerja pada perusahaan pers. Untuk pendaftaran, kami tidak akan memungut biaya sepeser pun,” tegasnya pada Rabu (30/6) di Denpasar.

Bagi mereka yang telah mendaftar sebagai, lanjut dia, akan menerima buku modul tentang Teknik Jurnalistik Tingkat Dasar dan sertifikat sebagai peserta latihan. “Sedangkan untuk fasilitator atau pemateri adalah sejumlah wartawan senior yang telah mengantongi sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, pihak juga akan menghadirkan sejumlah pengelola media online sebagai narasumber untuk berbagi pengalaman. Tak hanya itu, peserta juga akan diperkenalkan dengan sejumlah pengelola sosial media (Medsos) terkemuka di Bali.

“Pada Sesi ini, narasumber akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mereka membangun usaha media berbasis digital. Harapannya tentu saja dapat menjadi inspirasi bagi peserta. Jadi kami tidak hanya berbagi pengetahuan soal teknik menulis berita saja, tetapi juga bagaimana mengelola usaha media berbasis digital,” terangnya.

Ditambahkannya, supaya peserta memiliki pengalaman lebih mendalam, mereka juga akan dipersiapkan tempat magang pada sejumlah media online di Bali. “Jika ada peserta yang tertarik ingin magang akan kami persiapkan tempatnya (magang-red). Kami pun juga berharap dari peserta itu nantinya akan ada yang tertarik menjadi wartawan,” pungkasnya.

Pendaftaran sendiri akan berlangsung dari tanggal 1 s/d 10 Juli 2021. Untuk informasi dan pendaftaran lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon (0361) 9093073 atau hotline 0821 4594 6900 dengan alamat Kantor Redaksi Podiumnews.com, Jalan Bhineka Nusa Kauh IV, Dalung Permai Blok P Nomor 58, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button