Monday, 05-12-2022
Badung

‘Good Karma Movement’, Komunitas Das Kedas Bersihkan Sampah Plastik Sungai

Pemuda Angantaka menyusuri alur sungai sambil memungut sampah plastik dengan karung.

Angantaka | barometerbali – Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat para pemuda Desa Angantaka untuk peduli akan lingkungan. Tergabung dalam Komunitas Das Kedas, mereka melakukan kegiatan pembersihan sungai dari sampah plastik yang berlokasi di Tukad Taman Magendra, Desa Angantaka, Abiansemal, Badung, pada Minggu (18/7/2021) pagi.

Dalam kesempatan itu Kadek Basur selaku Koordinator aksi mengatakan, kegiatan tersebut secara spontan dilakukan oleh Komunitas Das Kedas, tanpa adanya dorongan dari pihak Pemerintah Desa maupun Dinas Kebersihan setempat dalam pelaksanaannya. Namun mereka justru didukung oleh beberapa Clothing Line asal Bali yang sangat concern terhadap lingkungan, salah satunya adalah Handmad Bali.

“Kegiatan ini sudah yang keempat kalinya kami gelar, dan memang kami melakukannya secara spontan tanpa adanya dorongan dari pihak manapun. Berawal dari kita kumpul-kumpul biasa, kemudian munculah ide untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai dari sampah plastik. Selain itu, hari ini kami juga melakukan penebaran benih ikan, sebagai upaya agar kelestarian Tukad Taman Magendra ini tetap terjaga dari segi ekosistemnya,” ungkap Kadek Basur.

Handmad Bali men-support penuh kegiatan dari Komunitas Das Kedas melalui program ‘Good Karma Movement’. Ini merupakan program yang khusus didedikasikan kepada para pemuda atau kegiatan dalam pelestarian lingkungan.

Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat menumbuhkan semangat, bagi pemuda di daerah lain untuk dapat bergerak melestarikan alam, khususnya sungai dari ancaman bahaya sampah plastik, serta mampu memberikan motivasi bagi Pemerintah Desa dan Daerah secara bersama-sama untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam Bali. (BB/502)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button