Wednesday, 07-12-2022
Badung

BKSDA Tengarai Monyet Putih Pecatu Alami Kelainan Genetik

Badung | barometerbali – Kehadiran monyet berbulu putih di kawasan Pura Selonding, Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, yang merupakan Pura Prasanak Ida Bhatara Pura Luhur Uluwatu, Bali ini lewat video yang tersebar di medsos membuat heboh masyarakat. Berbagai komentar muncul menanggapi video yang sempat viral tersebut karena mirip dengan tokoh Hanoman dalam cerita pewayangan Ramayana.

Menanggapi fenomena tersebut, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali memberikan penjelasan, jika dilihat berdasarkan anatomi, monyet tersebut masih dikategorikan sebagai monyet ekor panjang.

Monyet tersebut dicurigai mengalami kelainan genetik yaitu albino atau leukisme yang dapat dibedakan dari matanya.

“Albino merupakan kelainan genetik yang menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan pigmen melanin sebagai pelindung dari sinar matahari,” ujar Kasubbag TU BKSDA Bali, An Prawono Meruanto saat dikonfirmasi media di Badung, Bali Jumat (6/8).

Sedangkan leukisme jelasnya, adalah kondisi hilangnya sebagian pigmentasi yang membuat hewan berwarna putih, belang atau pucat pada bagian kulit, rambut atau bulu. Namun kondisi ini tidak berpengaruh pada mata.

“Hewan dengan kelainan genetik seperti ini cenderung ditolak oleh kelompoknya,” tandasnya.

Sedangkan Kepala Balai KSDA Bali, Dr. R. Agus Budi Santosa, S.Hut., MT kepada media juga menyampaikan berdasarkan anatomi monyet tersebut masih dikategorikan sebagai monyet ekor panjang.
“Itu bukan kera tapi monyet. Kera tidak berbuntut seperti orangutan, owa, gorilla dan lain2, sedangkan monyet berbuntut. Makanya jenis monyet di Pecatu itu adalah monyet ekor panjang atau Macaca fascicularis,” jelasnya.

Atas fenomena yang dianggap langka dengan kemunculan monyet putih itu, pangempon Pura Luhur Uluwatu dan Bendesa Desa Adat Pecatu menggelar persembahyangan memohon keselamatan dan berharap ini merupakan pertanda baik agar wabah penyakit segera sirna dan perekonomian serta pariwisata Bali kembali pulih seperti semula. (BB/502)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button