Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna Gandeng Dinas Koperasi serta Kepolisian Donasi Sembako

Denpasar | barometerbali.com – Di masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini sangat berdampak signifikan terhadap kondisi kehidupan masyarakat. Melihat beban ekonomi warga yang berat dan serba sulit di segala sektor ini Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati bersama mitra bisnisnya Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna), menunjukkan kepeduliannya dengan kembali bersinergi bersama Dinas Koperasi dan Polresta Denpasar untuk melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako yang dilakukan di halaman parkir Kantor Dinas Koperasi dan UKM (usaha kecil menengah) Kota Denpasar, di Jalan Mulawarman, No.3 Lumintang Denpasar (Jumat (20/8/2021).

Hadir dalam penyerahan paket sembako tersebut Kadis Koperasi dan UKM Pemkot Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena, Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Cabang Denpasar I Rai Gustra Wijaya bersama Area Manajer Gusti Made Winata dan Bimas Polresta Denpasar.

“Kami berterima kasih atas sumbangan sembako yang kedua dari KSP Sahabat Mitra Sejati. Kali ini akan kita prioritaskan penyerahannya kepada masyarakat marjinal, yang benar-benar membutuhkan dan kaum disabilitas. Kami sudah berkordinasi dengan karang taruna dan pihak desa untuk pendataannya,” ungkap Erwin.

Ditanya terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap UKM dan koperasi, Erwin menyatakan sebagian besar UKM dan anggota koperasi yang terpuruk. Pada bantuan sebelumnya pihaknya sudah mendistribusikan kepada mereka. Namun uniknya angka UKM baru justru meningkat hampir 2 kali lipat dari sebelumnya terutama karena banyaknya korban PHK yang beralih ke bisnis online (daring). “Mereka sangat terpengaruh, namun kini sebagian besar sudah beralih ke penjualan daring dan angkanya meningkat drastis hampir 100 persen,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang KSP Sahabat Mitra Sejati I Rai Gustra Wijaya didampingi Area Manajernya Gusti Made Winata memaparkan pembagian sembako masing-masing 600 paket dilakukab bertahap ke 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dan 17 cabang Bank Sampoerna di seluruh Indonesia termasuk di Denpasar Bali.

“Gerakan yang dinamakan Peduli Komunitas ini dilakukan secara bertahap, di mana tahap pertama dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2021 dengan total bantuan mencapai 10.000 paket sembako. Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada September 2021,” jelasnya.

Rai Gustra menambahkan bahwa gerakan ini merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh Indonesia. Penerima bantuan difokuskan kepada masyarakat yang terdampak pandemi baik secara finansial, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna.

“Inisiatif ini kami lakukan dengan memberikan sebanyak 300 paket sembako di tahap pertama selanjutnya menyusul 300 lagi hingga 600 paket di wilayah Denpasar,” imbuh Gusti Winata.

Mendukung pendistribusian sembako ini, Rai Gustra menandaskan bekerja sama dengan anggota dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara merata serta lebih banyak yang menerima manfaatnya. “Selain anggota, kami juga bersinergi dengan dinas koperasi dan kepolisian dalam penyaluran ini,” ucap Rai Gustra

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ke 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati tersebut antara lain Maros, Masamba, Palu, Rantepao, Sintang, Sungguminasa, Timika, Wonomulyo, Astana Anyar, Bandar Jaya, Cibinong, Jelutung, Pamanukan, Plered, Senen, Solo, dan Yogyakarta.

Menyinggung soal kinerja, KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri per Desember 2020, mencatat total asset sebesar Rp3,4 triliun dan jumlah pinjaman yang disalurkan ke anggota sebesar Rp2,7 triliun. Selain itu, jumlah simpanan Anggota yang dihimpun mencapai hampir Rp3 triliun.

KSP Sahabat Mitra Sejati juga merupakan salah satu koperasi yang sudah bertransformasi menuju digital melalui SOBATKU, simpanan online yang memberikan layanan modern kepada anggota dalam melakukan transaksi keuangan. Seperti yang telah diketahui, SOBATKU merupakan salah satu produk simpanan andalan KSP Sahabat Mitra Sejati yang berbasis online.

SOBATKU diluncurkan bertepatan dengan Hari Koperasi yang ke-70 pada tanggal 12 Juli 2017, SOBATKU terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada anggota dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya menabung. Anggota dapat menabung dengan mudah melalui smartphone tanpa perlu keluar rumah.

Tentang KSP Sahabat Mitra Sejati

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati mulai melakukan kegiatan operasional sejak 2009. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, sejak 2011 KSP Sahabat Mitra Sejati melakukan sinergi dan kolaborasi kemitraan strategis dengan PT Bank Sahabat Sampoerna.

Hingga saat ini KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki hampir 100 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk lebih meningkatkan layanannya, KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan(SLIK).
(BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button