Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

Donor Darah, Pacalang Mertha Rauh Kaja Terima Penghargaan PMI

Denpasar | barometerbali – Bertepatan dengan Hari Jadi ke-17 Pacalang Banjar Mertha Rauh Kaja merayakannya dengan aksi sosial kemanusian yaitu donor darah. Kegiatan tersebut diapresiasi Palang Merah Indonesia (PMI) dan digelar di balai Banjar Mertha Rauh Kaja, Desa Dangin Puri Kangin, Kec. Denpasar Utara, Jumat (03/09/2021).

“Kami jajaran pengurus dan anggota pacalang menyelenggarakan donor darah ini guna membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah untuk kesehatan mereka. Selain itu membangkitkan semangat berbagi, solidaritas dari warga, untuk warga,” ungkap I Dewa Gede Bagus Darma selaku ketua pacalang seizin Kelihan Banjar Mertha Rauh Kaja I Gusti Ngurah Murthana.

PMI Provinsi Bali serahkan penghargaan kepada Pacalang Mertha Rauh Kaja

Lebih lanjut Dewa Bagus menambahkan, pihaknya menunjuk Putu Agus Wiralaksana sebagai ketua panitia kegiatan.


“Kami juga mendapat dukungan dan penghargaan dari beberapa pihak antara lain PMI Provinsi Bali, warga banjar, beberapa komunitas serta Prudential DP3 Bali yang di wakili oleh ibu Ni Putu Surya Wartini,” imbuhnya.

Pengambilan darah dari para peserta donor

Pada kesempatan yang sama, ketua panitia menjelaskan peserta donor darah kali ini diikuti oleh berbagai kalangan dan latar belakang profesi dan dihadiri Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa), Bhabinkamtibmas Dangri Kangin, dan Kelihan Dusun Mertha Rauh Kaja.


“Ada dari anggota pacalang, warga Banjar Mertha Rauh Kaja dan sekitarnya, staf Desa Dangin Puri Kangin, staf Prudential dan komunitas tim Bulutangkis GAJ,” sebut Putu Agus Wiralaksana.

Ki-ka: Kelihan Banjar-Ketua Pacalang-Ketua Panitia

Ditanya soal target pendonor dia menyatakan tidak berorientasi pada jumlah karena terbentur protokol kesehatan Covid-19 dan menghindari kerumunan massa.

“Kami tak membuat target yang berlebihan mengingat kita masih dalam situasi pandemi. Sementara ini kami hanya menargetkan minimal 20 kantong darah untuk mengurangi kerumunan warga. Namun astungkara hingga akhir acara berhasil terkumpul 30 kantong darah,” terang ketua panitia.

Perbekel, Anggota BPD, Bhabinkamtibmas, Kelihan Br, Anggota Pecalang dan Tenaga Medis dari PMI

Di sisi lain, Kelihan Banjar Mertha Rauh Kaja I Gusti Ngurah Murthana menandaskan agar kegiatan sosial kemanusiaan ini tetap berkesinambungan demi menolong dan menyelamatkan jiwa sesama yang sangat membutuhkan darah.

“Harapan kami ke depannya semoga kegiatan ini bisa sedikit membantu dan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan darah dan dapat menjadi agenda rutin dari Pecalang Banjar Mertha Rauh Kaja,” pungkas kelihan yang akrab disapa Rahman ini. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button