Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Wabup Tabanan Apresiasi Karya Ngaratep Lan Pamlaspasan Tapakan Ida Bhatara Bale Agung Sembung Marga Dajan Puri

Caption: Wabup Edi Wirawan menyampaikan apresiasi pelaksanaan Karya Dewa Yadnya Karya Ngaratep dan Pamlaspasan Patapakan Ida Bhatara di Pura Bale Agung Sembung Marga Dajan Puri, Marga, Tabanan, Sabtu, (11/9) pagi.

Tabanan | barometerbali – Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan, S.E., didampingi OPD terkait menghadiri undangan upacara Dewa Yadnya Karya Ngeratep dan Pamlaspasan Patapakan Ida Bhatara di Pura Bale Agung Sembung Marga Dajan Puri, Marga, Tabanan, Sabtu, (11/9).
Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh anggota DPR RI asal Desa Cau Marga, salah satu anggota DPRD Tabanan asal Marga, Camat Marga, Panglingsir Puri Marga, Perbekel dan Bandesa Adat setempat serta beberapa undangan Bendesa Adat lainnya.
Wabup Edi pada momentum tersebut, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya karena masyarakat Desa Marga Dajan Puri mampu melaksanakan Karya dengan semangat kebersamaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena Wabup Edi percaya, semangat kebersamaan yang solid dan sangat luar biasa dari masyarakat akan bisa mewujudkan apapun

Apalagi menurut Wabup Edi, melaksanakan pamlaspasan Ida Bhatara pada hari ini, yakni Tumpek Landep adalah hari yang baik sekali. Mengingat Tumpek Landep adalah hari bagi umat Hindu di Bali untuk memohon keselamatan yang dikhususkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati).
“Saya selaku wakil Pemerintah berharap, agar Karya ini berjalan dengan lancar didasari dengan perasaan yang suci dan tulus ikhlas serta apa yang diinginkan untu karya hari ini dapat dicapai sesuai harapan bersama. Kami selaku Pemerintah akan selalu ada di tengah masyarakat dan mendukung segala kegiatan positif yang dilaksanakan masyarakat, terlebih untuk dalam upaya kelestarian tradisi, seni, adat dan budaya kita di Bali,” ujarnya.

Wabup Edi saat nunas tirtha dari Jero Mangku usai persembahyangan


Ia mengucapkan terimakasih karena masyarakat dengan sadar dan disiplin melaksanakan prokes dalam segala kegiatan. Karena menurutnya dalam situasi pandemi ini kita harus bersama-sama sadar dan disiplin menjalankan anjuran pemerintah demi keselamatan bersama. Ia juga percaya, dengan menerapkan prokes dengan disiplin dan taat niscaya mampu menjaga diri sendiri, keluarga ataupun orang lain, sehingga bisa melaksanakan kegiatan dengan baik menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, (AUM).
Pada kesempatan yang sama, I Gusti Ngurah Dana selaku Bandesa Adat Desa Marga Dajan Puri menyampaikan, bahwa Upacara/Karya Pangratep dan Pamlaspasan Patapakan Ida Bhatara di Pura Bale Agung Sembung Marga Dajan Puri telah dilakukan dari jauh hari sebelumnya. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi, membuat pihaknya harus melaksanakan karya dengan tetap menerapkan Prokes. Ia juga sangat bersyukur Karya ini bisa dilaksanakan dengan baik yang tidak terlepas dari semangat persatuan warga dan dukungan pemerintah. “Atas nama warga, saya ucapkan terimakasih kepada Wabup Tabanan selaku wakil Pemkab Tabanan dan undangan lainnya karena telah menyaksikan dan mendoakan Karya yang kami laksanakan,” pungkas Bandesa Adat. (BB/504/rls)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button