Monday, 20-05-2024
Prospek

‘The Funding Pitch Event’, Peluang Besar bagi Pengusaha Muda Bali

Badung | barometerbali – Sekitar 50 perusahaan rintisan dan wirausahawan Indonesia mengajukan ide mereka kepada Juri The Funding 14 juri dari dunia bisnis internasional
200 pengunjung dalam acara “The Funding Pitch Event”, berlangsung di Jimbaran Hub, Kuta Selatan, Sabtu, (11/09/2021).

Pitching dapat diartikan sebagai presentasi bisnis kepada Investor yang potensial. Pitching dilakukan karena adanya kebutuhan akan sumber daya, dalam arti luas pitch tidak melulu hanya berkaitan dengan mendapatkan sumber pendanaan untuk usahanya.

The Funding adalah inisiatif baru yang memberikan pendidikan bisnis melalui hiburan untuk mendukung pemilik bisnis yang kurang terlayani dan calon pengusaha di Bali.

“Pada hari Sabtu 11 September kami menyelenggarakan acara penuh peluang yang sangat relevan untuk wirausahawan muda Bali di Jimbaran Hub di Bali. Acara Pendanaan Pitch berfungsi sebagai pemanasan dan pra-seleksi untuk seri realitas baru Kompetisi The Funding,” ungkap Marketing Communication, Anggela Intanisari saat press conference.

Ia menambahkan dari pelaksanaan The Funding ini bertujuan agar mampu menumbuhkembangkan jiwa entrepreuner, mampu berinovasi, berkembang, dan bersaing. Sehingga mampu membuka peluang-peluang yang dapat berdampak pada diri sendiri maupun orang lain dan pasar Indonesia.

Para calon wirausahawan berusia 18-40 tahun datang untuk menyampaikan ide bisnis mereka kepada para juri The Funding, yang mana para juri ini berasal dari para profesional terkemuka mulai dari pengusaha sukses hingga mentor bisnis internasional dan pendiri startup.

“Sebanyak empat orang mentor dari luar negeri bakal mencerca terhadap 48 wirausaha Bali yang berkompetisi untuk merebut hati mentor agar masuk 10 besar dan satu orang berhak mendapatkan US $ 10.000. Acara yang dimulai sejak pagi hingga sore ini di Jimbaran Hub, mendapat antusiasme tinggi dari para peserta,” imbuh Anggela.

Sedangkan Juri The Funding, I Wayan Lovayana saat diwawancarai awak media mengatakan, yang menjadi indikator agar masuk Funding 10 besar nanti adalah kesiapan produk masuk ke pasaran. Mereka harus mampu memaparkan ke arah mana nanti produk yang dihasilkan dibawa, dan ke mana pasarnya.

Dari hasil pemaparan, pria yang akrab disapa Lova ini menilai tak sedikit peserta yang masih kebingungan akan arah pasar yang ingin disasar, bagaimana pengemasan produk dan kelanjutan sangatlah penting.

“Bagi yang terpilih, kita akan memberikan pelatihan maupun networking untuk pengembangan produk serta pemasaran,” sambungnya.

Terkait startup di Bali, Lovayana memberikan motivasi agar para generasi muda yang bergelut di bidang startup agar terus berinovasi dan melakukan kolaborasi. Selain juga agar tidak berpuas diri. Dirinya terus mengajak para startup agar bisnis yang dilakoni terus berkesinambungan, serta memiliki pandangan ke depan.

Yang tak kalah menarik, bagi startup saat pandemi ini agar tidak ketergantungan pada satu sektor pariwisata saja. Di mana yang terpenting usaha yang mampu berkembang secara holistik dari hulu ke hilir.

“Saat pandemi ini startup yang bagus untuk dikembangakan yaitu kuliner. Yang terpenting, mampu me-rebranding agar dapat diterima. Dan tidak hanya bisa diterima di Bali saja, namun agar mampu masuk ke seluruh dunia. Dalam rebranding, IT sangat penting, IT sebagai jembatan untuk memomulerkannya,” pungkasnya.

Acara Pitch

“The Funding Pitch Event” adalah acara pitch pertama di dunia dari jenisnya yang diselenggarakan di Bali, dengan tujuan untuk memberikan kembali kepada masyarakat dan memberi orang kesempatan nyata untuk mewujudkan impian mereka. Saat melontarkan ide, para peserta secara otomatis bersaing untuk menjadi salah satu dari 10 kontestan yang berhasil dalam The Funding Competition.

Apa itu Kompetisi The Funding?


Kompetisi Pendanaan adalah Seri Realitas Web di mana sepuluh kandidat yang memenuhi syarat akan dipilih melalui pengiriman online dan/atau acara pitch. Para kontestan akan berusia antara 18-40 tahun dan bersedia berada di depan kamera setidaknya selama satu bulan. Jenis bisnis akan bervariasi tergantung pada skalabilitas, inovasi, dan pengetahuan produk atau layanan individu.

Setiap pelamar terpilih akan menerima investasi awal sebesar US $1.000 dan bimbingan bisnis yang disesuaikan dengan peluang memenangkan investasi hadiah utama US $10.000. Web show yang akan disiarkan di YouTube dan Instagram ini akan memberikan paparan dan inspirasi sosial serta menunjukkan pasang surut perkembangan bisnis.

Jenis bisnis akan bervariasi tergantung pada skalabilitas, inovasi dan pengetahuan produk atau layanan individu dan kategorinya adalah Teknologi, Sustainability, Fotografi, Videografi, Kerajinan, dan Kuliner.

Apa itu The Funding?

The Funding adalah sebuah inisiatif yang memberikan pendidikan bisnis melalui hiburan untuk mendukung pemilik bisnis yang kurang terlayani dan calon pengusaha di Indonesia.

Pihaknya melakukan ini melalui seri realitas web, vlog, media sosial, podcast, dan kolaborasi dengan duta besar, influencer, sponsor, dan mentor lokal kami.

Mereka berdedikasi untuk memberikan kembali kepada masyarakat dan membantu pemilik bisnis dan pengusaha yang sudah ada, atau calon, yang kurang terlayani yang berjuang dalam pandemi di Indonesia. (BB/502)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button