Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Wabup Edi Harap Paiketan Pinandita MGPSSR Kaba Kaba Ajak Umat Tingkatkan Sradha dan Bhakti

Tabanan | barometerbali – Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, SE menghadiri uleman (undangan) menyaksikan Upakara Mejaya Jaya Paiketan Pinandita Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Resi (MGPSSR) di Griya Agung Giri Natha Banjar Gaduh, Desa Kaba-kaba, Kediri, Tabanan, Minggu, (12/09/2021) malam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI I Made Urip, Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama, anggota DPRD Tabanan IGN Mayun, Camat Kediri, Pengurus MGPSSR Kabupaten Tabanan. Selain itu hadir pula Paiketan Pinandita (pemangku) MGPSSR Desa Adat Kaba Kaba dan Ida Pandita Mpu Dharmaya Purusa Parama Daksa, Ida Pandita Mpu Putra Daksa Sidantha selaku tuan rumah acara.

Wakil Bupati Tabanan Made Edi Wirawan

Wabup Edi dalam sambutannya sangat menyambut baik upakara Mejaya Jaya ini sekaligus menyampaikan harapan agar nantinya dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara pasemetonan (ikatan persaudaraan). Dan tak kalah pentingnya semakin meningkatkan sradha lan bhakti (iman dan bakti) umat kepada leluhur dan Ida Hyang Widi Wasa. “Tityang (saya) berharap pasemetonan ini dapat berjalan dengan baik dan kepengurusannya senantiasa dibimbing oleh Ida Pandita. Nah ini harapan tityang yang juga selaku Warga Pasek sekaligus sebagai Wakil Bupati Tabanan,” ucap Wabup Edi.

Video Wabup Edi Wirawan menghadiri Upakara Mejaya Jaya Paiketan Pinandita MGPSSR Desa Kaba Kaba

Lebih jauh ia berpesan agar pasemetonan dari warga atau kelompok lainnya selalu menjaga hubungan yang harmonis satu dengan lainnya. “Persatuan dan kesatuan antarpuri dan pasek, begitu juga pasemetonan lainnya mari saling bersatu, jangan saling sikut. Semoga dengan upakara Mejaya Jaya yang dilaksanakan dengan tulus dari hati dan pikiran suci sehingga berguna bagi diri kita dan umat. Luar biasa kini sudah terwujud pasemetonan Maha Gotra Sanak Sapta Resi di Kaba Kaba,” pungkas Wakil Bupati Tabanan.

Ida Pandita Empu Dharmaya Purusa Parama Daksa (kiri)

Sementara itu Ida Pandita Empu Dharmaya Purusa Parama Daksa mengutarakan keberadaan Paiketan Pinandita MGPSSR Desa Adat Kaba Kaba amatlah penting perannya dalam melaksanakan upacara dan upakara serta guna meningkatkan pengetahuan para pinandita di bidang sastra dan Agama Hindu. “Masih banyak kita temukan pemangku yang ada di desa pakraman belum tahu dan paham betul akan nyurat (menulis) aksara ataupun ngewacen (membaca) sastra Bali. Semoga ke depan dapat digelar diklat kepemangkuan,” harap Ida Pandita.

Persembahyangan bersama usai Upakara Mejaya Jaya

Adapun struktur pengurus Paiketan Pinandita MGPSSR Desa Kaba Kaba yang telah terbentuk sebagai berikut:

Pengayom:
Ida Pandita Mpu Dharmaya Purusa Parama Daksa
Ida Pandita Mpu Putra Daksa Sidantha
Ida Bhawati Putu Gede Adnyana, SH M.Ag

Penasihat:
I Nyoman Sanjaya
JM I Putu Putra Wisada, SH MM

Ketua I: JM I Wayan Murjayasa
Ketua II: JM I Ketut Sudirta

Sekretaris I: JM I Nyoman Suratnya
Sekretaris II: JM I Nyoman Merta

Bendahara I: JM I Wayan Wijayana
Bendahara II: JM I Made Sudarma

Paiketan Pinandita MGPSSR Desa Kaba Kaba

Baga Upakara lan Upacara:

  1. JM I Putu Subrata
  2. JM I Wayan Redana
  3. JM I Nyoman Nerka

Baga Kesenian:

JM I Wayan Juliana

JM I Wayan Sukarta

JM I Nyoman Gentur

Baga Perlengkapan:

  1. JM I Nyoman Suarta
  2. JM I Nyoman Astawa
  3. JM I Nyoman Durya (BB/504)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button