Wednesday, 22-05-2024
Pemerintahan

Wabup Patriana: Berorganisasi Penting bagi Mahasiswa

Jembrana | barometerbali – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna memberikan saran bagi mahasiswa untuk aktif berorganisasi. Menurut Wabup yang akrab disapa Ipat ini, dalam kehidupan kampus tidak cukup hanya berkutat dalam pendidikan akademis, tapi pengalaman organisasi sangat penting dalam dunia kerja nanti.

“Tidak cukup hanya belajar di ruang kuliah. Tapi organisasi akan memberikan pengalaman, mengembangkan diri sekaligus memupuk jaringan. Hal ini terasa didunia kerja nanti,” kata Ipat saat membuka acara penguatan organisasi kemahasiswaan bertempat di kampus Triatma Mulya Kecamatan Negara, Sabtu ( 18/9/2021).

Berkaca dari pengalamannya, seringkali mahasiswa yang hanya berkutat di dunia akademis saja belum tentu sukses berkiprah di dunia kerja. Seringkali yang non sarjana jauh lebih berhasil. Ini karena mereka belum pernah bekerja sama dengan orang lain sehingga tidak responsif akan permasalahan.

“Karena itu harus seimbang. Ikut organisasi untuk menambah wawasan, kepekaan kita beradaptasi akan lingkungan sekitar,” papar Wabup Ipat.

Sementara Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Pemuda Kemenpora RI
Imam Gunawan mengatakan  mahasiswa harus memilih isu penting, peran   yang hendak diangkat. Diharapkan tema yang dipilih itu, mampu meningkatkan kontribusi organisasi dalam membangun Indonesia.

Menurut hematnya, salah satu tematik yang relevan diangkat organisasi  adalah  entrepreneurship atau kewirausahaaan

“Kewirausahaan penting bagi organisasi kemahasiswaan. Mereka  bisa menggarap value tiap kegiatan, mengasah kreatifitas serta kemampuan inovasi,” terang Imam.

Selain itu tambahnya, apabila terus diasah mahasiswa akan memiliki keberanian mengambil resiko. Unsur unsur baik inilah disebutnya bisa didapat dalam berorganisasi, berfokus soal enterpreneurship.

“Kesempatan ini saya mau provokasi adik adik mahasiswa, mudahan- mudahan termotivasi terjun ke organisasi kemahasiswaan. Coba geluti dan tekuni.

Terlebih di kampus ini ada mata kuliah kewirausahaan, jadi sudah sesuai,” tandasnya .

Kegiatan penguatan kelembagaan organisasi kemahasiswaan digelar Kemenpora untuk terus melakukan inovasi. Terlebih saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Turut hadir Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Amar Ahmad, Wakil Rektor Universitas Triatma Mulya Ni Luh Putu Agustini Karta, perwakilan FKP (Forum Kewirausahaan Pemuda) Jembrana bersama mahasiswa Triatma Mulya.

Di akhir kegiatan dilanjutkan peninjauan beberapa titik unit kewirausahaan yang dikelola anak anak muda Jembrana. (BB/509/rls)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button