Monday, 22-07-2024
Peristiwa

Setinggi 8 Meter, Patung Bung Karno Terpasang di Sukasada

Buleleng | barometerbali – Patung tokoh Proklamator Kemerdekaan Bung Karno setinggi 8 meter telah terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Sukasada pada hari Selasa (21/09). Patung yang nampak kokoh dan gagah tersebut berbahan dasar logam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat, memaparkan bahwa patung Bung Karno sudah tiba di Buleleng sejak tiga hari yang lalu. Berbagai kelengkapan alat berat untuk mengangkat patung itu sudah dipersiapkan secara maksimal, sehingga hari ini patung Bung Karno sukses ditempatkan di atas pedestalnya. “Kami bersama kontraktor selama tiga hari telah mempersiapkan alat-alat dengan baik agar ketika patung Bung Karno dinaikkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ia lanjut menerangkan, pengerjaan berikutnya penataan RTH Bung Karno masih pada finishing patung Singa Ambara Raja beserta stagenya. Kemudian pengerjaan wantilan juga nanti akan dibangun patung Bung Karno dalam momen sungkem. “Dibangunnya patung Bung Karno sungkem di wantilan itu nantinya akan dijadikan tempat edukasi sejarah Bung Karno, pementasan film dan juga karya seni akan dipajang di wantilan,” tandas Melandrat kepada awak media.

Kadis LH menyebutkan Buleleng yang menjadi “Trah” Bung Karno sangat besar potensinya menjadi salah satu destinasi wisata sejarah nasional ke depannya. Ia meyakini pengerjaan RTH Bung Karno dapat selesai tempat waktu. “Hingga hari ini pengerjaan RTH Bung Karno sudah mencapai 60 persen lebih, kami yakin pengerjaan dapat tuntas tepat waktu,” tutupnya. (BB/508)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button