Friday, 12-04-2024
Seremonial

Dies Natalis ke-59 Unud, Presiden Jokowi: Teruslah Berkontribusi pada Kemajuan Indonesia

Denpasar | barometerbali – Ada yang istimewa pada Puncak Acara Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana (Unud). Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara daring mengucapkan selamat dan berpesan, “Teruslah berkontribusi pada kemajuan Indonesia”. Selain dari Presiden Jokowi, Unud juga mendapat ucapan selamat dari Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Ketua DPR RI Puan Maharani, mantan Perdana Menteri Timor Leste, Rui Maria de Araujo, Menteri Kesehatan Timor Leste, para pimpinan perguruan tinggi serta pihak lainnya.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara, dalam laporannya menyampaikan, tema Dies Natalis tahun ini merefleksikan civitas Akademika Unud bersatu dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan berperan aktif dalam kebangkitan Indonesia dari dampak pandemi. “Dengan menampilkan keunggulan karya-karya inovasi sehingga mampu bersaing dalam kancah nasional maupun internasional. Dengan penguatan inovasi penelitian Unud dengan semangat untuk mewujudkan Unud sebagai pusat inovasi nasional, sehingga peneliti-peneliti Unud mampu mengembangkan dan memperluas iptek agar ada sinkronisasi antara perkembangan iptek dan permasalahan yang dihadapi industri serta kebutuhan nyata masyarakat dan negara,” papar Prof Gde Antara.

Rektor Unud Prof Dr I Nyoman Gde Antara

Di usianya yang ke-59 tahun, semangat semua sivitas akademika Universitas Udayana diharapkan dapat ditingkatkan dan kampus harus terus maju dan mengukir banyak karya dan prestasi seiring dengan usianya yang semakin matang. Rektor mengajak semua civitas akademika untuk berusaha sekuat tenaga menggapai visi demi terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

“Searah dengan visi Unud dan Renstra Unud 2020-2024 serta visi Kemendikbud dan Renstra Kemendikbud 2020-2024, sudah saatnya Unud mulai mewujudkan ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi untuk menghasilkan SDM yang unggul, berkepribadian, dan berkontribusi pada pembangunan bangsa,” tandasnya.

Ekosistem pendidikan yang bermutu tersebut dapat diwujudkan dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan, inovatif, dan produktif untuk kepentingan masyarakat dan dunia, serta memberdayakan sarana prasarana dan optimasi pemanfaatan aset sebagai income generating.

Di sisi lain Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke-59 Unud dan berharap kepada Unud yang merupakan universitas tertua dan terbesar di Bali menjadi institusi yang responsif terhadap perkembangan iptek, fleksibel dalam merespons perubahan zaman dan agresif dalam mengembangkan terobosan-terobosan baru. “Hal ini dapat diwujudkan melalui sebuah sinergi dengan pemerintah daerah. Gubernur meyakini Unud dapat turut berkontribusi besar bagi pembangunan Bali,” harap Koster.

Menkopolhukam Mahfud MD

Pada acara puncak Dies Natalis tahun ini Orasi Ilmiah disampaikan oleh Menko Polhukam, Prof. Mahfud MD dan penyerahan Udayana Award kepada Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD (mantan Rektor Unud) dan Prof. Dr. Ir. I Gede Mahardika, MS (Fakultas Peternakan). Para penerima Anugerah Udayana dinilai telah banyak berkontribusi untuk kemajuan Unud. Puncak Peringatan Dies Natalis ke-59 ini diakhiri dengan acara ramah-tamah dan kekeluargaan. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button