Wednesday, 07-12-2022
Jurnalisme

Balebengong dan Forum Keadilan Gelar Kelas Jurnalisme Warga

Rahoela: Jurnalis itu harus memiliki idealisme

Buleleng | barometerbali – Guna memberikan edukasi jurnalistik kepada masyarakat, Balebengong.id dan media nasional Forum Keadilan menggelar “Kelas Jurnalisme Warga” di Brahma Vihara Arama di Banjar Tegeha, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Kegiatan yang berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu, 2-3 Oktober tersebut juga berkolaborasi dengan INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa) Bali dan Yayasan Girirakhito Mahatherra.

Ketua Yayasan Girirakhitto Mahathera, Ida Bagus Rahoela, saat membuka acara menyambut positif “Kelas Jurnalisme Warga” tersebut. Ia berharap, dari pelatihan tersebut akan lahir jurnalis-jurnalis yang memiliki idealisme. “Jurnalis itu harus memiliki idealisme,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas Pemkot Denpasar ini juga mengingatkan, jurnalis tidak harus selalu memedomi prinsip “bad news is a good news”. Sehingga yang muncul hanya berita-berita kejahatan, pemerkosaan dan sejenisnya. Kebaikan-kebaikan yang dilakukan manusia juga merupakan “berita”. “Jurnalis harus mempunyai idealisme untuk berbuat kebaikan bagi semua,” pesan Gus Rahoela.

Sementara Anton Muhajir dari Balebengong.id menjelaskan, jurnalisme warga merupakan ruang bagi warga, siapapun dia, untuk bersuara dan menceritakan potensi yang ada di sekitarnya.”Program ini menekankan pada upaya memberikan suara dan ruang kepada kelompok yang selama ini kurang mendapat tempat di media massa. Nantinya dilanjutkan dan dikembangkan dengan pelatihan media online seperti website dan jejaring sosial,” kata Anton.

Sementara Ida Bagus Anom Putra dari Forum Keadilan mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan ini, dengan harapan nantinya peserta bisa menulis dan memberitakan potensi-potensi yang ada di desanya. “Para peserta diharapkan nantinya bisa menjadi ujung tombak dalam mengangkat dan mempromosikan desanya lewat tulisan,” ungkap Gus Anom.

“Kelas Jurnalisme Warga” diikuti 15 peserta dari dua desa, yakni Desa Banjar dan Desa Banjar Tegeha. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi tentang dasar-dasar jurnalistik yang disampaikan Yahya Umar dari Forum Keadilan dan materi mengenai video ponsel yang disampaikan Kardian Narayana dari Kompas TV. Para peserta juga dibekali dengan cara menggali ide-ide atau topik-topik yang bisa ditulis.

Peserta Kelas Jurnalisme Warga meliput kegiatan kerajinan anyaman di Desa Sidatapa pada hari kedua pelatihan jurnalistik

Setelah mendapatkan topik, mereka langsung praktik liputan di Desa Sidatapa dan menulisnya menjadi berita. (BB/509/yum)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button