Monday, 20-05-2024
Cuaca

Hadapi Cuaca Ekstrim, BPBD Denpasar Siagakan Empat Pos

Denpasar | barometerbali – Menghadapi cuaca ekstrim disertai hujan deras dan angin kencang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menyiagakan empat pos. Masyarakat diminta waspada dan hati-hati saat bepergian guna menghindari korban jiwa.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar IB Joni Ariwibawa, mengatakan cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi berlangsung dari bulan November 2021 hingga Februari 2022.

Menghadapi cuaca ekstrim ini, BPBD menyiagakan empat pos aktif yakni Pos Induk di kantor BPBD, Jl. Imam Bonjol, Pos Juanda di Renon, Pos Cokro di Terminal Ubung dan Pos Mahendradata di Jl. Mahendradata, Denpasar Barat. Setipa pos diperkuat delapan anggota dibantu ambulans dan PMI beroperasi 24 jam. ”Kami menyiagakan empat pos dan ambulans untuk menangani bencana, seperti banjir, pohon tumbang, mengevakuasi warga kecelakaan, tertimpa musibah dan melakukan evakuasi rumah warga terendam banjir,’’ kata Joni Ariwibawa, Rabu (3/11/2021).


Joni Ariwibawa mengungkapkan, pihaknya juga menyiapkan mesin senzo berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar memotong batang dan ranting pohon tumbang yang melintang di jalan guna mempercepat akses kelancaran lalu lintas. Selain itu, melakukan koordinasi dengan PLN jika ada kabel listrik tertimpa pohon tumbang. ”Kami menyiagakan pasukan 24 jam menangani kebencanaan di Kota Denpasar,’’ ujarnya.

Joni Ari Wibawa mengimbau sesuai informasi dari BMKG bahwa pada November ini sampai Februari mendatang akan terjadi cuaca ekstrim dan hujan lebat disertai angin kencang. Diharapkan, masyarakat tetap waspada dan saat berpergian harus melihat situasi dan kondisi cuaca. Bila terjadi hujan deras mengakibatkan banjir jangan keluar rumah dapat membahayakan masyarakat saat berkendara mobil dan motor. ”Kami minta masyarakat jika ada pohon perindang membahayakan yang ada di sekitar pekarangan rumah atau dekat rumah melaporkan ke Dinas LHK agar segera dirompes,’’ pintanya.


Dia menambahkan, pihaknya pada Rabu (3/11) ini menangani pohon tumbang di Jalan Cokroaminoto No. 436 Ubung Kaja, Denpasar Utara sudah diatensi regu pemadam kebakaran BPBD Kota Denpasar dari Pos Cokro. Selain menangani pohon tumbang, pasukan baju oranye ini juga menangani kecelakaan di Jalan Tukad Badung, Renon, Denpasar Selatan sudah di atensi ambulans Damakesmas Dentim I, kecelakaan di simpang Jalan Tantular – Jalan Raya Puputan Renon, Denpasar sudah diatensi ambulance PSC BPBD Kota Denpasar Pos Juanda. ”Kami tidak mengenal hari libur menangani kebencanaan yang ada di Kota Denpasar. Kalau ada laporan masuk k epos induk BPBD Kota Denpasar langsung ditangani,’’ pungkasnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button