Friday, 12-04-2024
Seremonial

Dewa Suamba Negara Pengageng Ageng Kretha Semaya Trah Dhalem (KSTD)

Ket foto: Dewa Suamba Negara menerima pataka dari Ida Shrii Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pemayun

Denpasar | barometerbali – Mahasabha lll Kretha Semaya Trah Dhalem (KSTD) Provinsi Bali kembali mendaulat Dewa Suamba Negara sebagai Pengageng Ageng KSTD periode jabatan tahun 2021 – 2026 di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya, Denpasar, pada Saniscara Pon Dungulan, (13/11/2021).

Pada kesempatan itu Mahasabha dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang juga selaku Dewan Penasihat KSTD Provinsi Bali.

Wagub Cok Ace memukul gong pertanda dibukanya Mahasabha

Mahasabha merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan Kertha Semaya Trah Dhalem yang dilaksanakan sekali dalam lima tahun. Adapun tujuan dari Mahasabha IIl kali ini adalah mendengarkan pertanggungjawaban pengurus yang telah dilaksanakan selama lima tahun.

Selain itu, mahasabha juga melaksanakan pemilihan dan penetapan pengurus KSTD, program kerja serta memilih tempat pelaksanaan mahasabha selanjutnya.

Melalui mahasabha ini diharapkan tercipta hubungan yang rukun dan harmonis bagi seluruh Pasemetonan Dinasti Ida Dhalem Shrii Aji Kresna Kepakisan sehingga mampu mewujudkan “Satya Nangun Swabhawaning Rna” (setia mengabdi kepada leluhur).

“Memahami jati diri amatlah penting dikarenakan akan mampu mengembalikan Bali mulai dari, pemahaman jati diri manusia Bali itu sendiri,” ungkap Dewa Suamba.

Pengageng Ageng KSTD periode jabatan tahun 2021 – 2026 Dewa Suamba Negara

“Dengan lelintihan tentu kita dapat hormat dengan leluhur sebagaimana seperti ajaran Agama Hindu,” sambungnya.

Ditegaskan Suamba, kita tidak bisa lepas dengan Pitra Rena salah satu hutang kepada para Leluhur, Ida Bhatara Bethari keluhuran dan kawitan.

Para undangan dan delegasi KSTD kabupaten/kota se-Bali yang menghadiri Mahasabha

“Ini sesungguhnya yang perlu menjadi perhatian kita semua. Jika ingin dapat hidup dalam kehidupan khasanah masyarakat Bali yang menganut Agama, Adat Dresta Bali yang asli dimiliki Bali ini,” tandasnya.

Sembari dirinya menambahkan, jika ini sama-sama dapat dipegang, tentu nantinya akan dapat menciptakan kehidupan harmonis di interen lelintihan, sesama lelintihan serta harmonis dengan pemerintah.

Pelantikan Pengurus Sabha Yowana KSTD yang diketuai oleh Dewa Agung Putra Agung

Prosesi pelantikan Pengurus Pusat Kretha Semaya Trah Dhalem (KSTD) Provinsi Bali yang diketuai Dewa Suamba Negara dan Sabha Yowana KSTD yang diketuai oleh Dewa Agung Putra Agung dilaksanakan pada saat penutupan oleh Ida Shrii Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pemayun selaku Ketua Uphapara Uphapati (Ketua Dewan Sulinggih) dan disaksikan oleh Kapolda Bali Irjen Pol. I Putu Jayan Danu Putra. (BB/510)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button