Saturday, 03-12-2022
Sosial

Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Kembali Gelontor Sembako

Badung | barometerbali – Pengurus Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW AWBP) Bali/Pusat menggandeng melalui Koperasi Arya Wang Bang Pinatih kembali membagikan bantuan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 dan lansia kali ini di wilayah Kabupaten Badung, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan ini dipimpin Sekretaris PW AWBP Bali/Pusat Drs Wayan Sudiarta, MM didampingi sejumlah pengurus dan Ketua Koperasi Arya Wang Bang Pinatih, Made Gitar. Kedatangan mereka disambut oleh pengurus PW AWBP dan Yowana PW AWBP di kecamatan masing-masing yang dipusatkan di rumah Ketua Yowana PW AWBP Bali/Pusat di Banjar Langon, Desa Sempidi, Kecamatan Mengwi dan Pura Panti Agung Pinatih di Br. Kemulan, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal.

“Ini sesuai dengan rencana dalam pelaksanaan Mahasabha IV Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW AWBP) Bali/Pusat. Pada waktu sebelum Mahasabha tanggal 30 Oktober 2021 lalu telah dilaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Gianyar dan Bangli. Oleh karena waktu yang sangat mepet dengan pelaksanaan Mahasabha, maka hari ini program bantuan sosial berupa pembagian paket sembako dilanjutkan di Kabupaten Badung dengan lokasi di Kecamatan Mengwi dan Abiansemal,” ungkap Wayan Sudiarta.

Lebih lanjut saat ditanya awak media, ditujukan kepada siapa saja bantuan tersebut, ia mengatakan lebih memprioritaskan kepada yang memang benar-benar membutuhkan di tengah pandemi Covid-19 ini.


“Terutamanya untuk semeton yang sakit, kurang mampu secara ekonomi di Kecamatan Mengwi ada 21 orang. Nah, yang membuat kami sangat terharu di Kecamatan Abiansemal ini seluruh penerimanya adalah semeton AWBP yang lingsir-lingsir (lansia) sejumlah 22 orang yang cukup memberikan makna kepada kita pengurus karena beliau-beliau itu patut dan dapat kita memberikan perhatian melalui kegiatan sosial ini,” imbuh Sudiarta yang mantan pejabat di Pemkot Denpasar ini.

Ia menambahkan untuk kegiatan bantuan sosial berupa paket sembako ini akan terus berlanjut hingga ke kabupaten yang belum menerimanya.

“Pengurus Paiketan yang baru bekerja sama dengan Koperasi Arya Wang Bang Pinatih akan terus melanjutkan distribusi pembagian paket sembako sembari sosialisasi keberadaan koperasi ini ke kabupaten yang belum menerimanya seperti Kabupaten Buleleng, Klungkung dan Jembrana. Kalau yang sudah menerima yaitu Tabanan, Karangasem, Gianyar dan Bangli,” paparnya.

Menanggapi pertanyaan berapa jumlah warga AWBP hingga saat ini, Sudiarta menyebutkan akan segera melakukan langkah pendataan pasemetonan (keluarga besar, red) AWBP di seluruh Nusantara. “Terus terang saja, saat ini kami sedang mendata. Setelah Mahasabha ini kita akan membentuk Tim Adhoc untuk proses pendataan warga AWBP baik yang di Provinsi Bali maupun di luar Bali. Karena kemarin pada saat kita melaksanakan Mahasabha ternyata semeton kita di Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Lampung, dan Sulawesi itu banyak sekali. Dan itu yang akan kita data agar ke depannya kita memiliki data yang valid keberadaan warga AWBP, juga tidak mustahil kita akan mengembangkan sayap pembentukan paiketan di luar Bali. Untuk saat ini yang sudah punya paiketan baru NTB saja satu,” pungkas Sudiarta.

Diberitakan sebelumnya, selain berhasil membentuk Dewan Pakar, Panglingsir Puri Pinatih I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE terpilih kembali dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Bali/Pusat masa bhakti 2021 – 2026 dalam Mahasabha IV PW-AWBP Bali/Pusat tahun 2021 yang berlangsung di Golden Tulip Essential Hotel, Denpasar, Minggu, (31/10/2021) lalu. Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula pengukuhan pengurus kabupaten/kota se-Bali. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button