Thursday, 01-12-2022
Vaksinasi

BIN Gelontor 1.250 Dosis Vaksin Masyarakat Umum dan Lansia

Karangasem | barometerbali – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Kabupaten Karangasem, Kamis (9/12).
Kegiatan untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut, Karangasem mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sebanyak 1.250 dosis. Rinciannya 1000 dosis merupakan vaksin Sinovac dan 250 dosis vaksin AstraZeneca.

Ketua Komite Intelijen Daerah (Kominda) Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo, ditemui di sela-sela pelaksanaan vaksin massal di SMK Negeri 1 Amlapura, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dan Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna itu, bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi target capaian vaksinasi di Bali, khususnya di Karangasem.
“Jatah vaksin Covid yang digelontorkan untuk Karangasem menyasar para pelajar (remaja), lansia dan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi termasuk untuk vaksin yang kedua,” ucapnya.

Hadi Purnomo, menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini di 34 provinsi di Indonesia. Selama sebulan BIN diberikan target supaya mampu melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua juta dosis. Dalam kegiatan itu, kata Purnomo, BIN Daerah Bali diberikan jatah sebanyak 13.600 dosis. Khusus untuk di Karangasem mendapatkan jatah sebanyak 1.250 dosis, dan pelaksanaan vaksinasinya dilaksanakan di 11 titik tersebar di delapan kecamatan yang ada di Karangasem.
“Kita juga melakukan vaksinasi Covid-19 secara door to door di wilayah Kelurahan Subagan. Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar,” ucap Purnomo.Bukan sekadar membantu pelaksanaan vaksin anak usia remaja dan masyarakat umum, BIN,” kata Purnomo, juga siap membantu pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 tahun.

Hanya saja terkait pelaksanaan vaksin anak usia 6 tahun, pihaknya mengaku masih menunggu petunjuk teknis yang ada. Mencegah penyebaran Covid-19 yang belum melandai dan munculnya virus varian baru Omicron, Hadi Purnomo mengajak mengajak masyarakat Karangasem dan Bali untuk selalu taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).
“Bali merupakan pariwisata dunia, sehingga sangat berpotensi terjadi penyebarannya. Vaksinasi yang kita laksanakan ini sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran virus tersebut,” tukas Purnomo.

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi BIN Daerah Bali telah membantu proses vaksinasi Covid-19 di Karangasem. Dengan kegiatan ini, sangat membantu pemerintah di dalam percepatan proses vaksinasi di daerah.
“Kami sangat berterimakasih atas langkah kemanusiaan yang dilakukan BIN dalam meretas penyebaran Covid-19 dengan melakukan vaksinasi massal di Karangasem. Kita berharap 1.250 dosis vaksin yang digelontorkan bisa menyasar masyarakat yang belum divaksin,” tandasnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button