Friday, 12-04-2024
Peristiwa

Gempa M5.1 Baratdaya Jember, Bikin Kaget Warga Bali

Tabanan | barometerbali – Guncangan gempabumi sempat mengagetkan dan dirasakan beberapa warga Bali. Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG, menyebutkan gempabumi tersebut berkekuatan 5.1 SR berlokasi di 42 km baratdaya Jember Jawa Timur, Kamis (16/12/2021). Gempa berada pada lokasi 8.55 Lintang Selatan dan 113.49 Bujur Timur kedalaman 10 km terjadi pukul 06.01 WIB.

Selain terasa kuat di wilayah Jawa Timur, gempa juga dirasakan getarannya di sebagian Bali seperti area Denpasar, Legian, Kuta dan Jimbaran.

Seorang warga Ayu Dinda beralamat wilayah Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan mengaku merasakan getaran gempa saat berada di dalam rumahnya. “Iya terasa getarannya. Tapi sebentar saja. Cukup bikin kaget juga,” kata dia melalui pesan WhatsApp (WA) saat bertanya kebenaran info kejadian gempa tersebut kepada redaksi yang kemudian mengonfirmasi ke pihak BMKG.

Demikian pula Becik Suroto yang bertempat tinggal di wilayah Tuban, Kecamatan Kuta juga merasakan adanya gempabumi. “Gempa barusan?,” tanya pria yang akrab disapa Pak Becik ini di sebuah WA group (WAG).

“Nggih lumayan getarannya, saya pas duduk di teras rumah, pot di sebelah saya bergetar sekitar 5 detik. Kita tunggu info resmi BMKG,” sahut Ketut Suastika yang saat itu berada di rumahnya kawasan Tohpati, Denpasar Timur.

Redaksi kemudian menghubungi pihak BMKG guna mengetahui informasi lebih jauh akan dampak gempabumi selatan Jawa Timur tersebut dan mendapat penjelasan dari Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, MSi sebagai berikut:

Gempabumi Tektonik M5,1 di Selatan Jawa Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

Kejadian dan Parameter Gempabumi
Hari Kamis, 16 Desember 2021 pukul 06.01.33 WIB wilayah Selatan Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,55° LS ; 113,48° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah BaratDaya Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 26 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dalam lempeng (intraplate earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki pergerakan sesar naik (thrust fault).

Dampak Gempabumi
Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Puger V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Jember IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah) Denpasar, Kuta, Legian III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Banyuwangi II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Jimbaran, Karangkates, Lumajang, Bondowoso II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan
Hingga hari Kamis, 16 Desember 2021 pukul 06.18 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Rekomendasi
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Bambang Setiyo berpesan agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button