Monday, 22-07-2024
Peristiwa

Diresmikan, Patung Karya Seniman Muda Denpasar Saat Denfest ke-14

Denpasar | barometerbali – Pesona kawasan Gadjah Mada Heritage seolah berbinar tepat dengan rampungnya penataan sekaligus diadakannya Denpasar Festival di Plaza Pasar Badung pada Jumat (17/12). Suasana haru pecah saat peresmian sekaligus proses pemuliaan Patung Dewi Mas Melanting dengan menghaturkan canang dan melantunkan geguritan salampah laku.

Begitulah suasana peresmian rampungnya penataan kawasan Gajah Mada itu. Haru terutama terpancar dari wajah arsitek penataan Kawasan Gadjah Mada Heritage, I Ketut Siandana, S.T. Di depan Patung Mas Dewi Melanting yang tersorot lampu kuning, ia menundukkan wajah seraya menahan matanya yang sembab dengan satu tangan. Sepotong suasana itu merupakan bagian dari rangkaian Denpasar Festival ke-14 yang dihelat di Plaza Pasar Badung. Hari ini (17/12), Denfest menghadirkan kesenian tradisional hingga konser musik yang diisi oleh seniman Kota Denpasar. Para pengisi acara diantaranya Ebano Bali yang membawakan kesenian selonding, Tari Damar Kurung, dan Rejang Amustikara. Sementara itu, ada pula penampilan konser musik dari Keroncong Putri, Rare Ageta, Gus Agung and Band, Jun Bintang, Emoni, dan Panji Ulangan.

Sejak sore hari, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, S.E., M.M., nampak hadir terlebih dahulu. Ia berkeliling meninjau beberapa stand UMKM yang telah berjejer di sisi kiri panggung. Selang beberapa waktu kemudian, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadir ke lokasi. Ia kemudian mengajak wakilnya meninjau kawasan Pasar Badung.

Pemilihan tempat Plaza Pasar Badung memang telah dipertimbangkan atas rampungnya karya-karya seniman pemahat Denpasar tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Event Organizer Denpasar Festival, Putu Gede Suwitra. โ€œTidak hanya sebagai ruang untuk transaksi tradisional terjadi di sini, tapi ada juga etalase-etalase yang merepresentasi kehidupan urban yang bisa dihidupkan melalui pelataran yang ada di sini,โ€ jelasnya.

Walikota dan Wakil Wali Kota sangat mengapresiasi kontribusi para seniman muda Denpasar. โ€œKe depan pak wali kota dan saya akan selalu menggandeng mereka (para seniman). Tadi mereka bilang berharap dilibatkan, kami akan menjawab itu. Mungkin spot-spot kota juga akan kita tata,โ€ kata Wakil Wali Kota. Perhelatan Denpasar Festival hari ini pun dapat ditonton pada siaran langsung di kanal youtube Kreativi Denpasar. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button