Thursday, 01-12-2022
Kamtibmas

Pemusnahan BB Miras dan Knalpot Brong di Mapolres Klungkung

Klungkung | barometerbali – Kesiapan menyambut Nataru (Natal dan Tahun Baru) tanggal 25 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung tahun 2021 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Lilin Agung 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022”.

Bupati didampingi Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, dan Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, bertempat di halaman Mapolres Klungkung, Kamis, (23/12/2021).

Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Shirley Manutede, Ketua Pengadilan Kabupaten Klungkung Putu Endru Sonata, Kepala Dinas Kesehatan Ni Made Adi Swapatni, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, Kasat Pol PP I Putu Surta dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra serta Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi bersama dengan pejabat utama dan Kapolsek Jajaran Polres Klungkung yang diikuti oleh 1 pleton dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan dan BPBD Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2021 di halaman Mapolres Klungkung, Kamis (23/12/2021)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui amanatnya dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya,” ungkap Kapolri.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.
“Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” jelas Bupati Klungkung mengutip sambutan Kapolri.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021, yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman,” harapnya.

Pemusnahan barang bukti knalpot brong

Setelah selesai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2021 Forkopimda Kabupaten Klungkung melakukan pemusnahan barang bukti berupa barang bukti (BB) minuman keras (miras) yang tidak memiliki ijin edar. “Knalpot brong alias knalpot tidak standar hasil sitaan dari bulan Juni hingga Desember ini juga kita musnahkan karena mengganggu ketertiban umum dengan suara bisingnya,” tegas AKBP I Made Dhanuardana.

Selanjutnya Kapolres Klungkung melakukan patroli skala besar dengan mengecek gereja di wilayah Klungkung seperti Gereja Santa Sisilia di Jalan Dewi Sartika dan Gereja Kemah Injil, Jalan Menuh Kelurahan Semarapura Klod untuk memastikan kondisi jelang Nataru ini aman dan kondusif dan pastikan disiplin dalam protokol kesehatan. (BB/506)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button