Monday, 05-12-2022
Info

Ketua PWI Bali Tekankan Keberpihakan Pandu pada Bali

Denpasar | barometerbali – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali IGMB Dwikora Putra menekankan keberpihakan Paiketan Wartawan Hindu (Pandu) kepada daerah Bali. Hal itu terungkap saat audiensi paguyuban suka-duka yang menaungi 23 jurnalis ini di Gedung PWI Bali, Lumintang, Denpasar, Senin (27/12/2021).

Rombongan Pengurus Pandu, dipimpin ketuanya IWG Sumida (baliilu.com) bersama Sekretaris Nyoman Sunaya (porosbali.com), Bendahara I Gusti Ngurah Dibia (barometerbali.com), dan para ketua bidang, I Gede Adi Setiawan (baliportalnews.com) dan Wayan Irawan (deliknews.com) ini diterima Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra didampingi Wakil Sekretaris Ketut Joni Suwirya.

Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra

Dwikora Putra menyambut baik dan mengapresiasi keberadaan Paiketan Wartawan Hindu yang akan menambah khazanah simpul-simpul dan sayap organisasi kewartawanan di Bali.

“Jika AD/ART Pandu sama dengan AD/ART PWI, saya menyarankan agar seorang wartawan menentukan pilihan pada satu organisasi wartawan, baik PWI, atau organisasi wartawan lain, pesan Dwikora mengingatkan.

Sebagai Paiketan Wartawan Hindu lahir di Bali, dengan anggota baik wartawan dan wartawan yang langsung sebagai pemilik media, Dwikora Putra berharap agar kebijakan melalui pemberitaan di media masing-masing selalu mengedepankan keberpihakan kepada Bali dan tetap menjaga toleransi. Demikian juga keberpihakan kepada nasionalisme kebangsaan Indonesia secara luas.

“Bagaimana wartawan Pandu ikut menjaga adat, tradisi, budaya Bali dengan nilai-nilai kearifan lokalnya yang membuat Bali begitu dikenal di manca negara. Menjaga keseimbangan dengan toleransi, saling menghormati, saling menolong dan menjaga keharmonisan hubungan sosial. Kedepankan Keberpihakan pada Bali,” harapnya.

Dwikora Putra yang keseharian sebagai Pemred Warta Bali ini mengingatkan, wartawan dalam melakukan tugasnya selalu berpedoman pada kode etik jurnalistik. Tetap bersikap kritis sehingga karya jurnalistik dihasilkan bermanfaat bagi masyarakat Bali dan bangsa Indonesia.

“Sebagai pribadi saya yang kebetulan menjadi Ketua PWI tidak masalah dan berterimakasih sama teman-teman di Pandu dipercaya menjadi Ketua Penasihat Pandu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pandu IWG Sumida mengucapkan terima kasih kepada Ketua PWI Bali yang sudah menerima kehadiran Pandu yang pada 12 Desember 2021 berumur setahun dan bersedia secara pribadi sebagai Penasihat Pandu.

Pandu lahir, lanjut Sumida, atas inisiasi sejumlah wartawan Hindu di Bali, dengan kesadaran yang sama bahwa perlu mengkonsolidasikan untuk membangun kualitas pers dan kehidupan wartawan Hindu yang lebih baik ke depannya.

“Selain itu, juga atas kesamaan keinginan ikut berpartisipasi untuk menjaga Bali, memajukan Bali yang berdasar pada adat, tradisi, budaya dan nilai-nilai kearifan lokal, nilai-nilai luhur masyarakat Hindu Bali, baik dalam pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusianya,” pungkas Sumida yang juga Pemred baliilu.com.

Sebelum sesi foto bersama, pada akhir acara audiensi diisi dengan perbincangan membahas isu-isu hangat dan topik-topik terkini yang perlu dicermati serta disikapi di tahun 2022 mendatang. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button