Saturday, 03-12-2022
Seremonial

Segera Renovasi Gedung PWI Bali, Gubernur Anggarkan Tahun 2023

Ket foto: Gubernur Koster saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Buleleng, Sabtu (12/3/2022)

Buleleng | barometerbali – Gubernur Bali Wayan Koster segera memanggil Kepala Dinas PUPR Provinsi Bali, untuk merealisasikan renovasi gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Koster di sela-sela sambutannya saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Buleleng, Sabtu (12/3/2022). Kegiatan ini dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Buleleng periode 2021-2024.

“Kita akan anggarkan tahun 2023 renovasi segera kita lakukan,” sebut Gubernur Koster. Apalagi, katanya, kondisi keuangan daerah mulai menampakkan perbaikan seiring mulai membaiknya perekonomian Bali akibat dihantam Covid-19.

Mantan Angota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDI Perjuangan yang saat ini menjadi orang nomor satu di Provinsi Bali, memahami betul arti interaksi dengan insan pers terutama organisasi yang menaunginya seperti halnya PWI. Diakui, saat ini masyarakat semakin cerdas, makin memerlukan informasi yang akurat. Jadi perlu adanya mediasi perlunya kehadiran pers di tengah derasnya arus informasi dan hadirnya media sosial.

“Tugas pers yakni mendorong proses demokratisasi dan menyampaikan berbagai informasi pembangunan yang dibutuhkan masyarakat,” sebutnya. Gubernur Koster mengungkapkan, dirinya secara disiplin setiap pagi mencari informasi dari semua media. Tujuannya tak lain menanggapi keluhan masyarakat atau langkah apa yang mesti diambil.

“Masyarakat sekarang butuh layanan cepat, informasi cepat. Tidak lagi bisa bekerja dengan cara biasa tapi harus bekerja cepat dengan ekstra keras, dalam konteks pemajuan pembangunan di daerah,” tandasnya.

Tak ingin menyia-nyiakan momen yang ada, Gubernur Koster lantas menguraikan berbagai program pemerintah Provinsi Bali. Dikatakan, selama tiga setengah tahun memimpin ia bersama wakil gubernur, fokus menata pembangunan Bali seiring dengan misi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dalam rangka mewujudkan kehidupan “krama Bali” yang sejahtera dan bahagia sekala niskala secara fundamental dan komprehensif.

Rencana renovasi gedung PWI Bali di tahun 2023 yang dilontarkan Gubernur Koster, rupanya tak lepas dari apa yang sebelumnya disampaikan Ketua PWI Provinsi Bali I GMB Dwikora Putra di sela sambutannya.

“Kondisi gedung yang sekarang termasuk lama, bisa jadi pertimbangan bapak gubernur untuk dilakukan renovasi. Apalagi gedung tersebut termasuk gedung tua,” sebut Dwikora yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali.

Dwikora dalam kesempatan ini juga mengapresiasi kontribusi Pemkab Buleleng yang telah membantu PWI Buleleng untuk mewujudkan sekretariat, selain mendukung penuh kegiatan kali ini. Terlebih, sudah sekian tahun PWI Buleleng belum memiliki kantor atau sekretariat.

“Ini adalah awal bagaimana PWI Buleleng akan menggeliat. Kami akan memantau komunikasi PWI Buleleng dengan Pemkab Buleleng. Apalagi Pemkab Buleleng sudah banyak membantu berkontribusi terhadap PWI Buleleng,” katanya.

Di sisi lain, Dwikora berpesan di tengah perayaan Hari Pers Nasional di Bali yang mengusung tema “Bali Bangkit, Indonesia Jaya” agar pers bisa berperan untuk mendukung Bali bangkit di saat pandemi Covid-19.

Ia meminta agar insan media membuat pemberitaan yang menumbuhkan sikap optimisme di masyarakat. Jangan sampai membuat berita yang minor atau menonjolkan hal-hal yang menumbuhkan kekhawatiran dan kecemasan di masyarakat.

“Sikap optimis penting dibangun untuk membantu pemerintah agar segera bangkit di tengah pandemi,” ucapnya mewanti-wanti. (BB/501/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button