Tuesday, 29-11-2022
Event

Presiden IPU Duarte Pacheco Apresiasi Indonesia Jadi Tuan Rumah

Jakarta | barometerbali – Presiden International Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco mengungkapkan apresiasinya kepada Indonesia yang bersedia menjadi tuan rumah IPU tahun 2022.

Menurut Duarte, Indonesia akan dapat menjadi tuan rumah yang baik karena kapasitas Indonesia yang tidak diragukan lagi dengan berbagai pengalaman kegiatan-kegiatan bertaraf Internasional yang pernah diselenggarakan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Presiden IPU Duarte Pacheco saat courtesy call dengan Dubes Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso (16/3/2002).

Saat courtesy call antara Dubes Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso dengan Presiden International Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco, dimana salah satu pembahasannya adalah Assembly Meeting IPU ke-144 di Bali. Rencananya Assembly Meeting IPU di Bali digelar 20-24 Maret 2022.

Dubes Rudy Alfonso menyampaikan Ketua DPR, Ibu Puan Maharani hadir di Bali secara langsung untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pertemuan tersebut. Menanggapi hal itu, Presiden IPU merasa yakin Indonesia dapat menyelenggarakan IPU ke-144 dengan lancar.

Hingga saat ini terdapat 120 negara atau delegasi yang akan hadir pada pertemuan IPU ke-144 dan kemungkinan jumlah tersebut masih akan bertambah lagi, ujar Duarte.

Presiden IPU berharap Amerika Serikat dapat bergabung menjadi anggota IPU. Hal tersebut tentunya akan semakin memperkuat IPU jika Amerika Serikat bersedia masuk dalam keanggotaan IPU.
Selain membahas persiapan dan penyelenggaraan IPU Assembly Meeting, Dubes Rudy Alfonso dan Duarte Pacheco juga membicarakan mengenai situasi yang terjadi di Ukraina dan harapannya agar perdamaian dapat segera terlaksana.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung mengenai hubungan bilateral Indonesia dan Portugal termasuk keinginan untuk mengaktifkan kembali Grupo Parlementar de Amizade Portugal – Indonesia (Indonesia – Portugal Friendship Group) dan menitikberatkan adanya kesamaan antara Portugal dan Indonesia dalam sektor pariwisata.

Presiden IPU mengatan pada masa sebelum pandemi, setiap tahunnya Portugal dikunjungi oleh lebih dari 24 juta orang wisatawan. Angka tersebut merupakan dua kali lipat dari penduduk Portugal yang berjumlah lebih dari 10 juta orang. Namun setelah pandemi, wisatawan asing yang berkunjung ke Portugal hanya mencapai 2 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Dubes RI Rudy Alfnso menjelaskan momentum pertemuan IPU di Bali ini disambut dengan baik oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat Bali karena akan membantu memulihkan kembali sektor pariwisata dan perekonomian Bali.

Sementara itu, rencananya Duarte Pacheco yang terpilih menjadi Presiden IPU pada November 2020, akan hadir di pertemuan IPU ke -144 bersama 5 orang Anggota Parlemen Portugal lainnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button