Tuesday, 29-11-2022
Olahraga

Tok! Oka Dharmawan Sah “Naik Tahta” Ketum KONI Bali

Foto: Pimpinan Sidang Fredrik Billy (jas hitam) memutuskan I Gusti Ngurah Dharmawan (dua dari kiri) sebagai Ketua Umum KONI Bali periode 2022-2026 di Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali, Sabtu (19/3/2022) (BB/jp)

Denpasar | barometerbali – I Gusti Ngurah Oka Dharmawan akhirnya terpilih secara sah sebagai Ketua Umum KONI Bali masa bhakti periode 2022 – 2026 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI) Bali di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali Sabtu, (19/3/2022).

Pengesahan Oka Dharmawan menjadi nakhoda lembaga otoritas keolahragaan di Bali itu dilakukan oleh Pimpinan Sidang Fredrik Billy, dibantu Wakil Ketua Pande Made Purwata, Dewa Gede Ary Wirawan, Gusti Ngurah Adnyana dan Sekretaris Laksmi Duarsa berlangsung lancar dan singkat.

Oka Dharmawan, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali itu berhasil meraup 54 dukungan suara atau sekitar 80 persen dari 67 voter, yang terdiri dari pengprov cabor (52 suara), KONI kabupaten/kota (9 suara) sehingga berhak menjadi nahkoda tertinggi olahraga di Pulau Dewata menggantikan Ketut Suwandi yang sudah menjabat dua periode.

IGP Oka Dharmawan (tengah) nampak bahagia usai terpilih sebagai Ketum KONI Bali periode 2022 – 2026

Sebelum Oka Dharmawan pria asal Sukasada, Kabupaten Buleleng itu ditetapkan sebagai Ketum terpilih, ada 3 kandidat lain yang mengajukan 3 kandidat lain yang mengajukan

Dalam laporannya, anggota Streering Committee Maryoto Subekti menyampaikan, dari empat calon, hanya I Gusti Ngurah Oka Dharmawan saja yang sudah memenuhi persyaratan. Sementara tiga calon lainnya hingga batas waktu penyerahan berkas kepada pimpinan sidang, belum melengkapi persyaratan salah satunya menyetor surat dukungan.

“Dari para calon, hanya satu yang memenuhi persyaratan. Surat suara yang disetor sudah 50 persen plus 1, dan suara dinyatakan sah, kami serahkan berkas-berkas ini kepada Pimpinan sidang untuk selanjutnya dibahas dalam floor,” urainya.

Menilik Tata Tertib yang disepakati voter, dengan dukungan Oka Dharmawan yang sudah mencapai 80 persen, sehingga secara otomatis Pimpinan Sidang Fredrik Billy pun memutuskan I Gusti Ngurah Oka Dharmawan menjadi Ketum KONI Bali hingga empat tahun mendatang.

“Musyawarah Olahraga Provinsi KONI Bali menyatakan sebagai Ketua Umum KONI Bali masa bhakti 2022 – 2026 terpilih adalah saudara I Gusti Ngurah Oka, saya ketok palu ya, setuju?,” tandas Fredrik Billy.

Ditemui seusai Musorprov Ketum KONI Bali terpilih Oka Dharmawan mengaku bersyukur atas kepercayaan para voter. Sesuai dengan visi misi “Memperkuat Sinergitas Organisasi untuk Prestasi Olahraga Tingkat Dunia”, dirinya siap bekerja keras dan mengabdi untuk prestasi dan kemajuan dunia olahraga di Bali.

“Jadi perasaan saya, satu, saya senang dengan situasi ini, ternyata situasinya itu sangat sangat familiar. Terus yang kedua apa yang sudah disampaikan tadi tak lepas dari Asung Kertha Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dan hari ini saya sudah terpilih sebagai ketua umum,” ungkap Oka Dharmawan.

Oka Dharmawan saat menyampaikan sambutan

“Tetapi ini tantangan besar dan berat, apalagi saya mewarisi ranking yang sangat bagus, prestasi yang sangat bagus. Merebut itu sulit, tetapi mempertahankan jauh lebih sulit,” sambung mantan Ketua Perbasi (Persatuan Basket Seluruh Indonesia) Pengprov Bali ini.

Dengan dibantu empat formatur terpilih yakni Ketua Umum KONI Badung Made Nariana, Ketua Umum KONI Kota Denpasar Ida Bagus Toni Astawa, Ketum Percasi Bali Nyoman Budi Adnyana, dan Ketua Umum FORKI Bali I Ketut Rochineng, Oka Dharmawan menargetkan susunan kepengurusan baru KONI Bali dapat rampung dalam waktu dua minggu.

Pasalnya, sejumlah agenda penting telah menanti salah satunya Persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali November 2022 serta Pra Kualifikasi PON tahun depan.

Menurutnya, rencana strategis yang akan dilaksanakan yakni membangun sumber daya manusia, sarana prasarana, perencanaan matang didukung anggaran yang memadai.

Dalam kesempatan itu, Oka Dharmawan memohon maaf jika dalam proses Musorprov Bali ada yang tidak berkenan.

“Ini adalah amanah. Untuk itu perlu kerja keras dan sinergi semua cabang olahraga KONI kabupaten atau kota agar semakin bagus,” tutup Oka Dharmawan. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button