Wednesday, 22-05-2024
Budaya

Palebon Panglingsir Puri Anyar Kerambitan Libatkan Turis Memanggul Keranda

Tabanan | barometerbali – Turis-turis dan ekspatriat yang menjadi sahabat Puri, dipastikan akan terlibat langsung pada Puncak Upacara Karya Agung Palebon Ida Panglingsir Puri Anyar Kerambitan, Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Anak Agung Ngurah Oka Silagunadha (92) hari Selasa, (4/4/2022) mendatang.

Untuk diketahui, Upacara Palebon yaitu dilakukannya prosesi pembakaran jenazah kaum tertentu, seperti dari kalangan brahmana dan ksatria di Bali. Upacara Ngaben atau Palebon adalah salah satu upacara adat keagamaan Hindu Bali yang paling terkenal.

Upacara ini merupakan bentuk penghormatan dari keluarga dan masyarakat setempat terhadap mendiang sekaligus sebagai bentuk penghormatan dari keluarga dan masyarakat setempat terhadap yang telah meninggal. Namun uniknya, Palebon ini walau merupakan upacara kematian, suasananya akan berlangsung begitu meriah.

AA Ngurah Oka Silagunadha (kiri) dan kembarannya AA Ngurah Rai Giri Gunadhi (kanan) Foto by Edward Speirs – nowbali

Putra kedua almarhum, AA Ngurah Agung Bagus Erawan memperkirakan banyak turis asing yang datang pada saat upacara ini digelar. Mereka akan berbaur dengan warga yang berjubel di sekitaran puri.

“Bahkan nantinya para turis asing dan ekspatriat tersebut ikut terlibat untuk memanggul kerandanya, ini membuktikan bahwa rasa simpati mereka ditunjukkan dengan terlibat langsung dalam Palebon nanti pada Soma Kliwon Landep, Senin (4/4) mendatang,” kata AA Ngurah Agung Bagus Erawan yang akrab disapa Turah Erawan ini.

Saat ini, jenazah almarhum disemayamkan di Puri Anyar Kerambitan

Putra kedua almarhum, Turah Erawan mengaku sangat kehilangan sosok ayah.

AA Ngurah Bagus Erawan (Foto: ist)

Almarhum merupakan tokoh kebudayaan, sekaligus pencipta Tari Tektekan yang dikolaborasikan dengan Calonarang.

“Tari Tektekan dikenal sebagai salah satu kesenian khas yang kerap dipentaskan untuk pariwisata di Tabanan, terutama di Puri Anyar Kerambitan. Biasanya tari ini dipentaskan saat wisatawan makan malam,” ungkap Turah Erawan kepada wartawan.

Ia menyampaikan serangkaian Upacara Palebon dilaksanakan pada bulan April 2022 mendatang di Puri Anyar Kerambitan, Tabanan.

“Jumat tanggal 1 April Nyiramang Layon, Minggu tanggal 3 April Pengaskaran, Senin tanggal 4 April Puncak Upacara Palebon. Semoga Sang Swargi Amor Ing Acintya. Om Santhi Santhi Santhi Om,” ucap Turah Erawan.

Almarhum Anak Agung Ngurah Oka Silagunadha yang juga selaku Mantan Kepala Bagian Protokol Pemerintah Provinsi Bali itu telah berpulang pada Senin 7 Maret 2022 sekitar pukul 10.30 Wita.

Ngurah Oka yang fasih berbahasa Inggris ini meninggal dunia karena sakit di RS Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Unud, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Keluarga puri mempersiapkan palebon untuk almarhum pada Senin 4 April 2022

“Atas nama keluarga besar Puri Anyar Kerambitan menghaturkan permohonan maaf jika ada salah kata-kata yang tidak berkenan yang terucap semasa hidup almarhum,” pungkas Turah Erawan. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button