Saturday, 03-12-2022
Vaksinasi

Pramuka Peduli Gandeng Binda Bali Dukung Vaksinasi Massal di Sesetan

Caption: Dukung vaksinasi massal dosis 1, 2, dan booster Pramuka kerahkan kekuatan (BB/PP)

Denpasar | barometerbali – Pramuka Peduli penanggulangan bencana ikut serta mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal bagi dosis 1, 2 dan booster dengan menggandeng Badan Intelijen Daerah Bali (Binda Bali) di SMAK Harapan, Jl. Raya Sesetan No 62, Sesetan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, yang diselenggarakan oleh Binda Bali bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, pada Kamis, (31/3/2022) pukul 08.00 hingga 13.00 Wita.

Kegiatan ini dihadiri Kabinda Bali Brigjen Pol. Hadi Purnomo SH, MH, Kabid P2P Dinkes Kota Denpasar dr. Agung Dharma Yudha, Waka Abdimas dan Bela Negara Kwarda Bali I Gede Agus Arjawa Tangkas bersama Anggota Satgas Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal ini dengan jumlah sasaran vaksin yang disiapkan sebanyak 1000 dosis jenis AztraZeneca.

Kabinda Bali Brigjen Pol. Hadi Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan Binda Bali menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di SMAK Harapan dengan dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar beserta instansi lain seperti Rumah Sakit Harapan Mulia dan tim kesehatan BIN.

“Terima kasih atas pemilik dan Yayasan Harapan atas penyediaan serta izin penggunaan lokasi gereja untuk kegiatan vaksinasi,” ungkapnya.

Adanya antusiasme masyarakat yang tinggi ditandai dengan menumpuknya jumlah para pendaftar yang akan mengikuti vaksinasi khususnya jenis booster. Urgensi keikutsertaan vaksinasi booster tentunya juga dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika nanti akan melaksanakan mudik sesuai dengan prasyarat terbaru.

“Dalam gelaran vaksinasi kali ini, Binda Bali telah menyediakan dosis vaksin AztraZeneca dengan jumlah mencapai lebih dari 1000 dosis. Kami juga sudah melaksanakan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Denpasar dalam penyediaan vaksin tersebut, tentunya juga untuk antisipasi agar di wilayah Bali tidak ada vaksin yang kadaluwarsa,” terang Kabinda

Binda Bali selama bulan Maret 2022 memperoleh target sejumlah 279.000 dosis vaksin dengan rata-rata perhari 9000 dosis. Hingga saat ini telah tercapai 99,5 persen dari target dan adanya gelaran kali ini nantinya bisa melebihi target capaian hingga 110 persen. Untuk itu, Binda Bali berterimakasih atas dukungan baik dari TNI, Polri dan Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan progam vaksinasi ini.

Suasana vaksinasi massal Covid-19 di SMAK Sesetan, Denpasar Selatan, Kamis (31/3/2022) Foto: BB/PP

Waka Abdimas dan Bela Negara Kwarda Bali I Gede Agus Arjawa Tangkas mengatakan program vaksinasi booster ini merupakan kelanjutan dari komitmen kegiatan PP Bali yang mana dari awal penanggulangan Covid-19.

“Pramuka Peduli sudah hadir dan mengambil bagian di garda terdepan yaitu melakukan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) yang dimulai dari lingkungan keluarga Pramuka Peduli sampai pada Gugus Depan Sekolah. Kita ketahui bahwa siswa merupakan kelompok rentan dalam keterpaparan Covid-19,” beber Gede Agus.

Pramuka Peduli menurutnya menggalang pembina pramuka di gugus depan dengan harapan sekolah dan para siswanya memiliki ketahanan dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

“Guna mendukung program percepatan vaksinasi, Pramuka Peduli selalu hadir dan berkontribusi untuk mempercepat vaksinasi termasuk vaksin booster yg pada akhirnya kita semua terbebas dari keterpaparan Covid-19,” imbuhnya.

Pramuka Peduli selalu dan senantiasa hadir dan mendukung pencegahan Covid-19 melalui kegiatan – kegiatan edukatif melalui penyampaian informasi dan 3T.

“Sesuai dengan program Pramuka secara umum yaitu Gerakan Pramuka, maka astungkara penyebaran Covid-19 bisa ditangkal melalui gerakan untuk disiplin prokes, penerapan 3 M, 5M, 6M dan program Vaksinasi. Mari kita semua melaksanakan gerakan tersebut dimana Pramuka Peduli selalu mengawal dalam setiap kegiatannya. Pramuka Peduli menjadi pelopor dan panutan dalam setiap tindakannya khususnya dalam pencegahan penyebaran virus yang mematikan itu,” pungkasnya. (BB/501/PP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button