Thursday, 23-05-2024
Hukum

BNN Sinergi Bapas Karangasem Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Karangasem | barometerbali – Bersinergi dengan BNN Kabupaten Karangasem, Bapas Karangasem selenggarakan kegiatan penyuluhan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) kepada klien pemasyarakatan dan pegawai dalam rangkaian program Wayan Jempolan di Aula Kantor Perbekel Bungaya Kangin, Karangasem, pada Jumat (13/5/2022).

Penyuluh Narkotika BNN Kabupaten Karangasem, Putu Yudiastini, menyampaikan materi tentang semakin bervariasinya usia penyalahguna narkotika yang bahkan telah melibatkan usia anak, bahaya penyalahgunaan dan upaya pencegahannya.

“Dengan dilaksanakannya Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika ini, diharapkan klien pemasyarakatan dan pegawai Bapas dapat berperan aktif dalam upaya P4GN di lingkungan masing masing,” tutur Putu.

Sedangkan Kapabas Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama menegaskan untuk menciptakan Indonesia tanpa narkoba butuh kolaborasi yang baik.

“Edukasi kepada klien dan pegawai dari pihak yang kompeten, dalam hal ini BNN Kabupaten Karangasem merupakan bentuk kolaborasi dalam rangka percepatan mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar),” papar Kadek Dedy.

Lebih lanjut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Gun Gun Gunawan berharap semua pihak berperan aktif dalam pemberantasan narkoba.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara sekaligus masyarakat, memerangi narkoba bisa dengan cara berperan aktif melakukan pencegahan, berani melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba,” tambah Gun Gun.

Di sisi lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu menyatakan ruang lingkup penyalahgunaan narkotika dapat dipersempit jika dilakukan penguatan pada klien dan pegawai.

“Pemberantasan narkotika adalah kerja bersama yang tidak akan pernah ada habisnya, karena ancaman yang semakin besar dari hari ke hari, oleh karena itu, penguatan kepada klien maupun pegawai sama-sama penting dilakukan, sehingga ruang lingkup penyalahgunaan narkotika semakin menyempit,” imbuh Anggiat. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button