Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Gairahkan Anggrek, DPD PAI Bali Bergerak

Denpasar | barometerbali – Untuk memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi para pencinta anggrek di Indonesia, dibentuk wadah organisasi pencinta anggrek yang bernama Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) yang didirikan pada tanggal 4 November 1956 di Bandung. Perhimpunan ini berkedudukan dan berkantor pusat di Ibu Kota Negara Jakarta.

Tujuan PAI adalah mengembangkan per-anggrek-an nasional, dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian anggrek Indonesia PAI Bali juga menjadikan wadah komunikasi para pencinta anggrek. Hampir 66 tahun berdiri, baru di awal tahun 2022 kepengurusan PAI Provinsi Bali terbentuk.

Di bawah kepemimpinan Ny. Putri Suastini Koster, Dewan Pengurus Daerah PAI Provinsi Bali Periode 2021-2026 resmi terbentuk pada tanggal 29 Mei 2021 di Denpasar. Pengurus anyar ini terus bergerak merealisasikan program utama jangka pendek, yaitu membentuk Dewan Pengurus Cabang di masing-masing kabupaten/kota di Bali pada awal tahun 2022.

Ketua Pelaksana Harian DPD PAI Bali Ni Wayan Sri Laba menyatakan organisasi ini akan mewadahi pecinta anggrek di Pulau Dewata dengan berbagai program.
“Di mana setelah terbentuk kepengurusan, kami akan mengawali dengan pelantikan,” ungkapnya.

Pelantikan Pengurus DPD & DPC PAI Provinsi Bali dilaksanakan, Minggu, 29 Mei 2022 bertempat di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar. Sebagai Ketua Panitia, ia menjelaskan Pelantikan Pengurus DPD PAI Provinsi Bali akan dilakukan oleh Ketua Umum DPP PAI Ny. Rita Subowo dan Pelantikan DPC PAI kabupaten/kota se-Bali oleh Ketua DPD PAI Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, yang ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka kepada masing-masing ketua.

“Pengurus yang akan dilantik adalah sebanyak 70 orang terdiri dari pengurus DPD dan DPC PAI se-Provinsi Bali,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima redaksi.

Penyelenggaraan pelantikan ini didasarkan atas Surat Keputusan Ketua DPD PAI Provinsi Bali Nomor: 010/SK/DPD-BALI/V/2022 tentang pembentukan Susunan Panitia Pelantikan Pengurus DPD & DPC PAI Provinsi Bali.

Pemilik Duta Orchid Garden ini menambahkan pada akhir upacara pelantikan ini akan dimeriahkan dengan dedikasi pecinta anggrek yang menuangkan karya seni bunga puspa pesona indonesia ini dalam balutan busana trend fashion nan elegan. Pecinta anggrek yang sekaligus perancang busana Made Milo akan menampilkan karya seni dengan mengusung tema “Anggrek kemBali” .

Tidak hanya pelantikan, menunjukkan eksistensi di bidang per-anggrek-an juga dirangkaikan dengan pameran anggrek yang juga bertemakan “Anggrek kemBali” yang dilangsungkan di ruang terbuka sisi timur Gedung Ksirarnawa Art Center.

Dalam kesempatan perdana ini DPD PAI Provinsi Bali berusaha untuk menampilkan koleksi anggrek terbaik dari masing-masing anggota PAI yang ada di seluruh kabupaten/kota di Bali.
Pameran anggrek ini berlangsung dari hari Rabu, 25 Mei 2022 dan akan ditutup pada hari Selasa , 31 Mei 2022.

“Pameran anggrek dibuka, mulai dari pukul 10.00 Wita sampai dengan pukul 19.00 Wita setiap harinya, yang menampilkan koleksi tanaman anggrek dan berbagai produk turunan,” imbuh Sri Laba.

Pada acara pelantikan juga akan mengundang Gubernur Bali beserta jajarannya. Ketua umum PAI beserta jajarannya. Kepala dinas terkait di Provinsi Bali maupun kabupaten/kota se-Bali, Ketua Penggerak PKK Provinsi Bali dan kabupaten/kota se-Bali atau yang mewakili. Para Dekan Pertanian di Bali, dan para Ketua organisasi sosial terkait, dengan jumlah total undangan yang hadir adalah sebanyak 100 orang.

Ke depan diharapkan organisasi PAI Bali ini semakin solid dalam mengembangkan budidaya anggrek sebagai tanaman puspa pesona Indonesia. Peningkatan perekonomian juga tentunya akan digalakkan melalui usaha anggrek. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button