Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

Leader Se-ASEAN Berbagi Ilmu di “International Leadership Conference 2022”

Badung | barometerbaliASEAN Public Relations Network (APRN) bersinergi dengan International Leadership Association (ILA) dan menggandeng London School of Public Relations (LSPR) Institute menggelar International Leadership Conference 2022 dengan tema, โ€œGlobal Leadership or Leading Globally? Making Sense, Making Positive Change and Communicating,” berlangsung di The Trans Resort Bali, Seminyak, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (4/6/2022).

President of ASEAN PR Network and CEO & Founder of LSPR Communication and Business Institute, Dr (HC) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR menerangkan Conference ini mengangkat 3 topik, yaitu; Leadership Challenges, Leadership Capacities and Leadership Research, dengan menghadirkan pembicara leaderleader se-ASEAN.

Dr (HC) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR (BB/nai)

“Saya gandeng teman-teman di ASEAN supaya kita bisa saling mempelajari (leadership, red). Bagaimana leader di Indonesia, di Malaysia, di Vietnam, di Filipina, di Singapura, apa kelebihan mereka. Jadi kita ini kan akan lebih kuat kalau bersama-sama. Kita akan lebih kuat kalau kita sama-sama satu visi,” ungkap Prita di sela-sela acara kepada awak media.

Selain untuk meningkatkan kualitas dengan saling mempelajari kelebihan, kegiatan ini juga untuk memperkuat nilai-nilai leadership dari para leader di Indonesia serta ajang saling berkolaborasi, karena kemampuan berkolaborasi menjadi hal yang penting saat ini.

“Tidak ada orang bisa pintar sendiri, tidak ada yang bisa mengerjakan semua sendiri. Semua itu harus bersama-sama. Leadership itu yang pertama adalah disiplin, yang kedua komitmen, tepat janji dan benar-benar memiliki keinginan untuk menghasilkan yang terbaik. Yang ketiga, leader sekarang itu harus kolaboratif, harus bisa berkolaborasi,” jelas Prita

Para leader tampil sebagai pembicara dengan materi-materi kepemimpinan (BB)

“Hal-hal itu juga leader harus diajarin. Karena kadang-kadang orang itu pintar tapi tidak bisa sharing, tidak bisa ngajarin orang yang di bawahnya. Dan yang terpenting lagi leader itu harus bertanggungjawab, dia harus bertanggung jawab dengan timnya, bertanggung jawab dengan hasil pekerjaan timnya,” sambungnya.

Lebih lanjut tandasnya, kegiatan ini dibagi menjadi dua, yakni kepemimpinan untuk perempuan dan kepemimpinan untuk anak-anak muda.

“Perempuan harus bisa memanage waktu, memanage keuangan, memanage hubungan dan bisa menginspirasi anak-anaknya untuk mencapai cita-citanya. Kalau di rumah ibu-ibu bisa menjadi pemimpin yang baik, maka keluarganya akan menjadi baik. Begitu juga dengan anak-anak muda. Mereka perlu dikawal dengan nilai-nilai leadership tadi itu agar mereka bisa menjadi pemimpin,” papar Prita.

Para leader se-ASEAN dan peserta konferensi (BB)

Dari catatan panitia ada sejumlah pembicara dan tamu yang direncanakan turut hadir dalam acara ini, yaitu; Prof. Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si (Vice Governor of Bali); Professor Mike Hardy CMG OBE FRSA (Chairman of International Leadership Association & Director of the Centre for Trust, Peace and Social Relations, Conventry University, UK); Dr. I Made Sudjana, S.E., MM., CHT, CHA (Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional); Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D (Director of Bali International Polytechnic); H.E. Mr. Tantowi Yahya, H. E. (14th Ambassador of Indonesia to New Zealand); 

Foto bersama perwakilan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali dan PWI Bali (BB/aw)

Tak ketinggalan diundang juga Jaffri Amin Osman MIPR, FIPR, FAPR, MCIPR (Chair for Global Alliance Asia-Pacific & Vice President at Institut PR Malaysia); Boy Kelana Soebroto (Chairman PERHUMAS & Head of Corporate  Communication Astra International); Dato’ Sri Haji Ibrahim Abdul Rahman (President Institute PR Malaysia); My Nguyen Khoa (Chairman of Vietnam PR Network); Ms. Vina A. Muliana (Winner for Best of Learning & Education Category on TikTok Awards 2021). (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button