Thursday, 23-05-2024
Seremonial

Ultah ke-61, Presiden Jokowi Terima Tumpeng dari Megawati

Jakarta | barometerbali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia 61 tahun pada hari ini, Selasa, 21 Juni 2022.

Tanpa diduga sebelumnya, Presiden Jokowi rupanya mendapatkan “surprise” pemotongan tumpeng hari ulang tahun seperti ditayangkan live streaming kompastv pada acara Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan di Kantor Sekolah Partai PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Dalam agenda kegiatan kepresidenan sebenarnya Presiden Jokowi diundang untuk memberikan sambutan namun oleh pembawa acara selanjutnya tiba-tiba dimohon untuk naik panggung. Pada saat bersamaan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Krisdayanti menyanyikan lagu selamat ulang tahun ciptaan Jamrud serempak diikuti undangan dan kader partai berlambang kepala banteng tersebut.

Presiden Jokowi kemudian didaulat memotong tumpeng yang untuk diserahkan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Begitu juga sebaliknya Ibunda Puan Maharani ini juga memotong tumpeng dan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

“Seumur-umur saya tak pernah berulang tahun dirayakan seperti tadi,” ungkap Presiden Jokowi saat mengawali sambutannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, untaian ucapan selamat mengalir dengan doa-doa terbaik untuk sang kepala negara di media sosial.

Akun Kementerian Keuangan menyampaikan ucapan selamat. Selain dengan kata-kata, kementerian yang dikomandoi oleh Sri Mulyani ini juga memberikan tayangan visual grafis mobil berplat RI-1.

“Selamat ulang tahun ke-61 Presiden Republik Indonesia @jokowi. Senantiasa diberikan kemudahan dalam memimpin bangsa demi tercapainya Indonesia Maju,” tulis Kemenkeu.

Presiden Jokowi menerima potongan tumpeng HUT dari Ketum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (sc/kompastv)

“Selamat Ulang Tahun Presiden RI, Bapak @jokowi, senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan, serta keselamatan dalam memimpin bangsa,” tulis akun Kementerian Sekretariat Negara, dikutip pada Selasa (21/6/2022).

Kementerian Sekretariat Negara pun menyelipkan ucapan pantun jenaka kepada pria kelahiran Solo tahun 1961 ini. 

“Pulang kampung pakai tol Jagorawi,

Tiba di rest area membeli daging semur

Selamat ulang tahun Bapak Jokowi, Semoga bahagia dan panjang umur,” tulis akun tersebut.

Selain Presiden Jokowi, ternyata bulan Juni dikenal sebagai bulan kelahiran beberapa Presiden Republik Indonesia. Salah satunya adalah presiden pertama Indonesia yakni Soekarno.

Bahkan, bulan Juni juga diperingati sebagai bulan Bung Karno, karena memiliki tanggal-tanggal yang berkaitan dengan kehidupannya.

Daftar Presiden RI yang Lahir pada Bulan Juni:


1. Joko Widodo 

Presiden Jokowi lahir pada tanggal 21 Juni 1961, di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Solo. Sesaat setelah lahir, Jokowi kecil sering berpindah-pindah mengikuti orang tuanya.

Mulai dari tinggal di Srambatan, mengontrak di kawasan Dawung Kidul, bantaran Kali Premulung, menetap sebagai penghuni liar di selatan bantaran Kali Anyar, hingga di daerah Gondang.

Jokowi lulus dari SMAN 6 Surakarta tahun 1980 dan melanjutkan kuliah di jurusan Teknologi Kayu, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian, pria kelahiran Solo ini lulus sarjana pada tahun 1985.

2. Soekarno

Bung Karno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 dari orang tua bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Mengutip dari laman Arsip Nasional RI, saat masih SD sampai tamat, dia tinggal di Surabaya dengan indekos di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Lalu, Soekarno melanjutkan pendidikan di HBS (Hogere Burger School) dan THS (Technische Hoogeschool) yang sekarang merupakan ITB.

Bulan ini lekat dengan Bung Karno karena menjadi tokoh yang telah mengemukakan gagasan dasar negara yang ia sebut sebagai Pancasila pada 1 Juni 1945.

4. Bacharuddin Jusuf Habibie

Terakhir, ada presiden ketiga RI yang lahir Bulan Juni yakni Bacharuddin Jusuf Habibie. Dia lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 dari orang tua Alwi Abdul jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Setelah rampung SMA di Bandung tahun 1954, presiden yang dikenal sebagai Bapak Teknologi ini berhasil masuk ke Universitas Indonesia di Bandung atau yang sekarang adalah ITB.

Habibie memperoleh gelar diploma dari Technische Hochschule Jerman tahun 1960 dan gelar doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Tahun 1967, dia dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan (Guru Besar) oleh ITB.

Nah, itulah daftar presiden RI yang lahir pada bulan Juni selain Presiden Jokowi. 

Dilansir dari website PresidenRI.go.id, Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Jokowi lahir di di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jokowi adalah putra sulung dari pasangan Notomihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi memiliki tiga adik perempuan dan satu adik laki-laki tetapi meninggal saat proses persalinan. Tahun 2022 ini, salah satu adik perempuannya Ida Yati diperistri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Jokowi pertama kali terjun ke pemerintahan sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) pada 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. Sebelumnya, Jokowi menjalani profesi sebagai pengusaha mebel di Solo.

Selepas itu, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 sebelum terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Saat Pilpres tersebut Joko Widodo terpilih bersama pasangannya, Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan 2019 hingga 2024 mendatang.

Pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas di masa kepemimpinannya yang pertama. Pembangunan yang dilakukan secara merata hingga ke daerah terluar Indonesia ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dalam sektor ini dibandingkan negara-negara lain.

Program prioritas tersebut dibarengi dengan program berupa bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), hingga Program Keluarga Harapan (PKH). Selain itu, sejak awal masa jabatannya, Jokowi juga mengupayakan reforma agraria dengan salah satunya melakukan percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah untuk mengurangi terjadinya sengketa lahan oleh karena ketiadaan sertifikat.

Di masa jabatannya yang kedua, Joko Widodo mengalihkan fokus pemerintahan pada pembangunan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Adapun program pembangunan infrastruktur masih terus dilanjutkan bersamaan dengan itu.

Kini, karier politik Jokowi mulai diturunkan ke anak dan menantunya. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah menjabat sebagai Wali Kota Solo. Lalu menantu Jokowi, Mohammad Bobby Afif Nasution, suami dari nak kedua adalah Kahiyang Ayu menjadi Wali Kota Medan.

Selamat ulang tahun ke-61 Presiden Jokowi. Semoga Presiden Jokowi selalu sehat dan berhasil membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. (BB/501/art)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button