Friday, 12-04-2024
Pendidikan

“Indigofera” Antarkan Sukadani Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud

Jimbaran | barometerbali – Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) kembali melahirkan seorang doktor di bidang Ilmu Peternakan. Ia adalah Ni Luh Sukadani merupakan Kepala UPTD Rumah Kreatif Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali.

Gelar doktor diraihnya melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU., Kamis, (30/6/2022).

Tim Promotor terdiri atas Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde. Bidura, MS.,IPU., Asean Eng., Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU., dan Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si.  Promosi Doktor pada hari ini menghadirkan penguji eksternal Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP., dan 5 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud.

Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Performa Produksi dan Karakteristik Karkas Itik Bali Jantan yang Diberi Ekstrak Air Daun Indigofera zollingerian”.

“Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa penggunaan ekstrak air daun indigofera zollingerian pada level 6% dalam air minum berkhasiat sebagai additive herbal yang dapat meningkatkan performa produksi dan berkualitas karkas itik bali jantan umur 8 minggu,” papar Ni Luh Sukadani.

Tujuannya umum dari penelitian yang dilakukannya adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera zollingerian sebagai feed additive pada ternak itik. Sedangkan tujuan khusus untuk mengidentifikasi kandungan fitokimia ekstrak air daun Indigofera zollingerian.

“Selain itu mengkaji pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera zollingerian pada peningkatan performa produksi dan karakteristik karkas itik bali jantan umur 8 minggu. Kemudian mengetahui level penggunaan ekstrak air daun Indigofera zollingerian yang dapat meningkatkan performa produksi dan karakteristik karkas itik bali jantan umur 8 minggu,” tandas Ni Luh Sukadani. (BB/501)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button