Wednesday, 22-05-2024
Pendidikan

FKP Unud Gelar Workshop Kurikulum MBKM dan Penyusunan RPS

Ket foto: Workshop Penyempurnaan Kurikulum MBKM Kemendikbud berlangsung di Hotel Santika Siligita, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung pada Rabu, (29/6/2022)

Badung | barometerbali – Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Workshop Penyempurnaan Kurikulum dan RPS (Case Method/Project Based).

Workshop ini bertujuan menyempurnakan kurikulum yang ada untuk mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kemendikbud berlangsung pada Rabu, (29/6/2022) di Hotel Santika Siligita, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Kegiatan workshop berlangsung selama 1 hari dengan menghadirkan 1 narasumber dari Universitas Udayana, 1 narasumber dari Universitas Pendidikan Ganesha, dan 3 undangan dari stakeholder terkait yaitu Universitas Warmadewa, CTC, dan PT. Agung Aquatic Marine, serta dihadiri oleh seluruh dosen FKP. 

Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan,Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, S.Si., M.Si. Selanjutnya I Gede Hendrawan S.Si.,M.Si, Ph.D selaku narasumber dari Universitas Udayana menyampaikan mengenai materi umum terkait kurikulum terbaru.

“Kurikulum terbaru ini yang mana dalam pelaksanaannya mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan selama 4 semester dalam  prodi dan 3 semester dimerdekakan yang artinya dapat mengambil perkuliahan dalam prodi ataupun di luar prodinya,” terang Hendrawan.

Pada kesempatan lainnya Dr. I Wayan Sukra Warpala, S.Pd.,M.Sc selaku narasumber dari Universitas Pendidikan Ganesha menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan program MBKM yang terpola dengan penyebaran mata kuliah yang tepat pada tiap semester.

“Sehingga jumlah SKS yang dibebani pada mahasiswa mengambil program MBKM dapat dikonversi ke dalam SKS prodi,” jelas Sukra Warpala.

Selain itu narasumber juga membahas beberapa hal penting terkait isi dari draft kurikulum Prodi Ilmu Kelautan dan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan. 

Sesi diskusi berlangsung sangat hangat yang dimoderatori oleh Dr. Ima Yudha Perwira S.Pi.,M.P.

Luaran yang diperoleh dari kegiatan workshop ini adalah tersusunnya kurikulum yang berbasis case method/project based untuk mendukung program MBKM dari kedua prodi (IKL dan MSP) pada Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. (BB/501)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button