Friday, 19-04-2024
Seminar

Akademisi FH Unud jadi Narasumber FGD Lemhanas RI

Kolase foto: FGD Lemhanas RI bertajuk “Menyikapi Menguatnya Ideologi Transnasional dalam Rangka Konsolidasi Demokrasi” (UPIKS/IT/Unud)

Denpasar | barometerbali – Lima akademisi Fakultas Hukum Universitas Udayana (FH Unud) dan seorang akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unud diundang sebagai narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Menyikapi Menguatnya Ideologi Transnasional Dalam Rangka Konsolidasi Demokrasi” yang diselenggarakan oleh Ditjian Ideologi dan Politik Debidjianstrat (Kedeputian Bidang Pengkajian Strategik) Lemhanas RI, di Denpasar belum lama ini.

Dikutip dari laman unud.ac.id, pada Rabu (6/7/2022) disebutkan FGD Lemhanas dibuka oleh Deputi Pengkajian Strategik Lemhanas RI Prof.Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P, dihadiri oleh Direktur Pengkajian Ideologi dan Politik Lemhanas RI Drs. Berlian Helmy, M.EC, Ketua Tim Penyusun Kajian Jangka Panjang Mayjen TNI (Purn) Dr. I Putu Sastra Wingarta, S.I.P., M.Sc., Dekan FH Unud, Dekan FISIP Unud, Guru Besar FH Unud di bidang Hukum Pidana dan Hukum Administrasi Negara, 2 Doktor di bidang Hukum dan Masyarakat, Hukum Internasional dan tentunya peserta dari Lemhanas RI.

Ideologi transnasional menyusup melalui kaum lemah, dunia pendidikan, kemajemukan masyarakat Indonesia dan media sosial untuk melemahkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Diperlukan adanya konsolidasi demokrasi untuk menguatkan ideologi Pancasila yang dijabarkan dalam strategi jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan mengusung konsep persatuan dan kesatuan bangsa, peningkatan kualitas HAM, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendidikan Pancasila (formal dan informal).

Selain itu tetap menjunjung kearifan lokal dan yang tidak kalah pentingnya kewajiban Negara untuk mengatur masalah teknologi informasi karena kita berada di era society 5.0. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1309-Akademisi-FH-UNUD-Diundang-Sebagai-Narasumber-Dalam-FGD-LEMHANAS-RI.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button