Wednesday, 17-08-2022
Budaya

Gelar Wicara Wikithon Partisipasi Publik BASAibu Wiki

Caption: Kegiatan Gelar Wicara Wikithon Partisipasi Publik BASAibu Wiki di Balai Bahasa Provinsi Bali, pada Rabu, (6/7/2022). Foto: Clara/BASAbali Wiki

Denpasar | barometerbali – Platform BASAibu Wiki: Mengisi Demokrasi & Ruang Partisipasi Publik BASAibu Wiki menyelenggarakan Gelar Wicara yang berjudul Platform BASAibu Wiki: Mengisi Demokrasi & Ruang Partisipasi Publik secara luring di Aula Balai Bahasa Provinsi Bali, pada Rabu, (6/7/2022).

Ketua Yayasan BASAbali Wiki, Dr. I Wayan Suardiana, S.S., M.Hum, memberikan sambutan pada gelar acara tersebut. Dalam sambutannya, Suardiana mengatakan bahwa bahasa daerah di platform digital perlu dukungan dari semua pihak.

“Gelar Wicara yang digagas oleh BASAibu Wiki harapannya dapat disebarluaskan bisa saling berkontribusi aktif di dalam kegiatan-kegiatan untuk membantu pemerintah dalam rangka mengajegkan (melestarikan) budaya daerah di tengah gempuran budaya global,” ungkapnya.

BASAibu wiki menyadari bahwa kontribusi kelompok anak muda dalam pembangunan dan proses demokrasi adalah penting, namun mereka menghadapi tantangan berupa hambatan struktural dan sosial dalam mengakses informasi, berekspresi, bersuara, dan mengajukan pendapat atas hal-hal yang mereka alami.

“BASAbali dan BASAsulsel wiki menurutnya selalu bersinergi dengan stakeholder utamanya pemerintah, untuk memperkuat dan menjadi aktivitas positif bagi generasi milenial terutama untuk pemanfaatan gadget yang tepat guna dan dapat mengedukasi masyarakat,” tandas Ketua Yayasan Suardana.

Para narasumber Gelar Wicara Wikithon Partisipasi Publik BASAibu Wiki

Dalam webinar kali ini terdapat tiga narasumber yang hadir yaitu:
Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum pewakilan dari BASAbali Wiki
Wildhan Burhanuddin, S.Pd., M.Hum perwakilan dari BASAsulsel Wiki
Dr. Ni Made Ras Amanda Gelgel, S.Sos., M.Si yang merupakan Akademisi Universitas Udayana.

Melalui project Wikithon Partisipasi Publik, BASAibu Wiki berupaya untuk menjadi jembatan untuk melibatkan anak muda untuk aktif dalam proses demokrasi, terutama yang berkaitan dengan pemilihan umum langsung.

Lebih lanjut, Putu Eka Guna Yasa sebagai perwakilan dari BASAbali Wiki menyampaikan bahwa gelar wicara bahwa Wikithon partisipasi publik diharapkan bisa menjadi ajang bagi generasi milenial untuk mengisi demokrasi sekaligus memberi masukan terhadap kebijakan publik.

“Sudah saatnya generasi milenial urun daya dalam proses-proses pembangunan dan perbaikan kebijakan. Sinergi generasi milenial dan pemerintah ini adalah kekuatan besar yang harus dimanfaatkan. BASAbali Wiki siap menjadi jembatan penghubung generasi milenial dengan pemerintah,” pesan Putu Eka.

Sebagai lanjutan dari project Wikithon Partisipasi tersebut maka BASAbali Wiki di Bali akan mengadakan kompetisi membuat video wawancara dengan menjawab pertanyaan: Bagaimanakah cara inovatif untuk memanfaatkan bale banjar sebagai ruang kreativitas perempuan?

Karya yang masuk nantinya akan dinilai langsung oleh para dewan juri perwakilan dari Paiketan Krama Istri Majelis Desa Adat Provinsi Bali (PAKIS Bali), perwakilan DPRD dan influencer. Para juri tersebut nantinya akan memberikan menilai, termasuk memberi masukan atau komentar terhadap karya peserta. Masyarakat nantinya juga akan diminta untuk memberikan komentar dan voting terhadap entri pilihan mereka.

Tentang BASAbali Wiki

BASAbali Wiki adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari komunitas para akademisi, seniman, advokat, mahasiswa dan cendekiawan yang telah bekerja bersama-sama untuk membuat sebuah platform yang dapat digunakan publik untuk berbagi, berdebat, menyimpan, dan menyoroti topik penting di kalangan masyarakat. Sejak 2014, platform yang telah digunakan oleh lebih dari 2,5 juta orang ini, memiliki bagian khusus dalam ruang komunitas digital untuk memasukkan berbagai informasi seputar biografi para tokoh Bali, informasi seputar Covid, masukan dari para generasi milenial, dan masih banyak lagi.

Sebagai bagian dari kompetisi Wikithon Partisipasi Publik platform digital BASAbali wiki digunakan oleh pemerintah secara khusus untuk meminta masukan publik tentang berbagai kegiatan pemerintah lewat kompetisi Wikithon Partisipasi Publik.

Project ini akan kami laksanakan dalam kurun waktu 3 tahun ini dan sedang mengembangkan hal serupa di Makassar, Sulawesi Selatan bersama Rumata Art Space sebagai mitra. (BB/501/rl)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:

Instagram : @wikibasabali
Halaman FB : BASAbali Wiki
Twitter : @BASAbali

Narahubung: Ni Nyoman Clara Listya Dewi (Clara@BASAbali.org / +62 856-3993-800)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button