Saturday, 03-12-2022
Pendidikan

Prodi Ilmu Politik Unud dan KPU Bali Kolaborasi Penelitian MBKM

Caption: Kolaborasi penelitian MBKM, Prodi Ilmu Politik Unud dan KPU Bali adakan rakor. (Hms/Unud)

Denpasar | barometerbali – Menuju persiapan pelaksanaan kegiatan penelitian bersama dan sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan pemilihan umum yang lebih baik ke depannya, Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Udayana (Unud) bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali melaksanakan rapat koordinasi (rakor) terkait kolaborasi penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di ruang rapat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana, pada Jumat (1/7/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan FISIP Udayana Dr Drs I Nengah Punia MSi beserta jajaran, Koordinator Program Studi Ilmu Politik Dr Tedi Erviantono SIP MSi, dan dosen ilmu politik. Turut hadir pula, anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM I Gede John Darmawan beserta jajaran.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan rapat tersebut, Tedi Erviantono menyampaikan bahwa program kerja sama dengan KPU Provinsi Bali akan berlanjut dalam bentuk kegiatan magang, penelitian bersama, dan praktisi mengajar.

“Perlu diketahui, bahwa penelitian MBKM bersama mitra, yakni KPU Provinsi Bali merupakan implementasi dari MoA dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 25 Mei 2022,” ujar Tedi.

Menanggapi hal tersebut, John Darmawan menyambut baik program-program lanjutan dari kerja sama antara FISIP Udayana dan KPU Provinsi Bali.

“Kerja sama ini tidak hanya dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat, tetapi juga selaras dengan misi KPU Provinsi Bali untuk mewujudkan Pemilu yang lebih baik,” ungkapnya

Terkait penelitian MBKM, Dr Kadek Dwita Apriani SSos MIP selaku perwakilan tim peneliti, memaparkan kerangka penelitian MBKM yang meliputi tujuan yang hendak dicapai, variabel penelitian, metode penelitian, timeline, dan output serta outcome yang nantinya akan dicapai.

“Cetak biru yang akan kita hasilkan dari Bali, seperti permainan kepemiluan ular tangga yang kemarin, kita buat penyelenggara di provinsi yang lain dan universitas di provinsi yang lain, tergerak untuk melakukan hal yang sama, sinergi yang sama, seperti yang kita lakukan di Bali,” tandas Kadek Dwita terkait capaian yang akan diperoleh dari penelitian MBKM bersama mitra.

“Dalam waktu dekat, Ilmu Politik Udayana bersama KPU Provinsi Bali akan melaksanakan survei pendidikan tentang kepemiluan pada pemilih pemula yang akan berlangsung selama kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2022 di kabupaten dan kota se-Bali,” tutup Kadek Dwita. (BB/501)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button