Monday, 05-12-2022
Seminar

Diskusi Publik HUT ke-8 Suaradewata, Selain Lawan Hoax Berita Media Harus Akuntabel

Caption: Narasumber Diskusi Publik HUT ke-8 Suaradewata membahas peran media dalam KTT G20 di Warung Dadi, Tabanan, Jumat (15/7/2022).

Tabanan | barometerbali – Gelaran KTT G20 sudah dekat, seluruh pihak diharapkan bersinergi menyukseskan event yang menghadirkan para kepala negara asing dengan ribuan delegasi di Bali. Selain itu media yang meliput perhelatan tingkat dunia tersebut diharapkan mengemas pemberitaan yang akurat, konstruktif, akuntabel dan jauh dari hoax (informasi bohong).

Demikian pernyataan yang mencuat dari 3 (tiga) narasumber dalam Diskusi Publik bertema “Optimalisasi Peran Media Massa dalam Mendukung Kesukseskan KTT G20”, yang digelar media online/siber suaradewata.com serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-8 di Warung Dadi, Tabanan, Jumat (15/7/2022).

Kadis Kominfo Tabanan, I Putu Dian Setiawan yang mewakili Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya juga menyampaikan agar KTT G20 dapat terlaksana dengan baik, Pemda Tabanan telah melakukan sejumlah upaya, di antaranya melakukan perbaikan infrastruktur hingga berkoordinasi dengan obyek-obyek wisata di Tabanan yang berpotensi akan dikunjungi oleh delegasi.

“Meskipun Presidensi G20 akan digelar di Nusa Dua namun Pemda Tabanan juga ikut berupaya menyukseskan penyelenggaraannya. Karena sejumlah delegasi berpotensi akan berkunjung ke Tabanan, kita ketahui bersama Tabanan punya Tanah Lot, Jatiluwih, hingga Danau Beratan,” ungkap Putu Dian yang dikenal akrab dengan kalangan wartawan.

Kadis Kominfo Tabanan Putu Dian Setiawan (berdiri)

Berlandaskan hal itu Putu Dian yang mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan ini sangat komit dalam misi menyukseskan penyelenggaraan KTT G20 tersebut.

Narasumber selanjutnya yakni CEO www.infobalinews.id, Iwan Darmawan menyampaikan bahwa jelang KTT G20, media harus mampu menyajikan berita yang akurat dan terjamin kebenarannya serta bisa melawan hoax.

“Di zaman sekarang informasi dengan mudah menyebar, yang terdahsyat itu lewat Instagram. Jadi bagaimana media bisa berperan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak terburu-buru share berita,” ungkap Iwan Darmawan jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang juga novelis ini.

Ditambahkan I Nengah Muliarta selaku Ketua AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) Provinsi Bali, jika peran media dalam membangun bangsa ini sangat sentral melalui pemberitaan yang konstruktif dan akuntabel khususnya dalam memberitakan eventevent baik berskala nasional maupun internasional.

“Pemberitaan yang positif, konstruktif dan akuntabel tentu akan meningkatkan kepercayaan organizer untuk melaksanakan event di Indonesia,” tegas Muliarta yang juga Dewan Redaksi beritabali.com ini.

Direktur PT. Suara Dewata Media Ni Made Novita Sari (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada narasumber I Nengah Muliarta

Dalam sambutannya Ketua Panitia Kegiatan, I Dewa Putu Wirajaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta diskusi yang telah hadir dan mendukung berlangsungnya acara diskusi dalam menyambut HUT ke-8 suaradewata.com yang jatuh pada tanggal 18 Juli 2022 nanti.

“Harapannya suaradewata.com dengan tagline kami, ‘Suara dari Pulau Dewata‘, bisa berperan dan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menyampaikan berita-berita,” harapnya.

Sertifikat Terverifikasi Dewan Pers yang diterima suaradewata.com (ist/sd)

Pihaknya juga merasa bangga karena PT. Suara Dewata Media (suaradewata.com) telah menerima Sertifikat Terverifikasi Dewan Pers Nomor: 995/DP-Verifikasi/K/V/2022 yang ditandatangani Ketua Dewan Pers saat itu, Mohammad Nuh.

“Kami mengucapkan rasa syukur di ulang tahun yang ke-8, suaradewata.com telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Pers pada 10 Mei 2022 lalu,” pungkas Wirajaya. (BB/501/abw)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button