Wednesday, 22-05-2024
Kriminalitas

Gunakan Alat Las, Maling Gondol Benda Sakral Pura Mas Ayu Banjarangkan

Caption: Bupati Klungkung Nyoman Suwirta (kiri) turun langsung ke Pura Mas Ayu, Dusun Koripan Tengah, Banjarangkan, yang gedong penyimpenan (kanan) benda-benda sakralnya raib digondol pencuri, Minggu (17/7/2022) malam. Foto: BB/Ngr Tista.

Klungkung | barometerbali – Belum hilang dari ingatan kita aksi pencurian pratima dan benda sakral di Pura Dalem Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, yang dilaporkan Kamis (19/5/2022) lalu. Kini pencurian benda sakral terjadi lagi di Pura Mas Ayu, Dusun Koripan Tengah, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

Kejadian tersebut diketahui pemangku pura  I Komang Sugiawan (Jro Mangku Sugiawan) hendak mencari ambengan (rumput ilalang) untuk pakan ternaknya, Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 18.30 Wita.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Mangku Sugiawan disebutkan pada saat kejadian terkejut melihat gembok gedong penyimpenan benda sakral terbuka, tetapi pintunya masih tertutup.

Gedong Penyimpenan di Pura Mas Ayu

Merasa curiga dengan keadaan itu, Mangku Sugiawan pun menuju bangunan gedong penyimpenan. Ia kemudian membuka pintunya, dan betapa kaget mendapati keropak besi telah dicongkel dan dirusak dengan cara dilas atau dilelehkan.

Diketahui benda-benda sakral yang raib digondol maling yakni keris, arca, logam kuningan batangan, dan uang bolong.

Atas kehilangan benda-benda suci milik Pura Mas Ayu tersebut, Mangku Sugiawan langsung melaporkannya ke Polsek Banjarangkan yang lokasinya tak jauh dari TKP.

Polisi langsung turun untuk melihat kejadian tersebut, dan didapati pratima dalam gedong tersebut hilang. 

Pangempon Pura Mas Ayu dan aparat berkumpul menyikapi kejadian pencurian

Setelah didata benda sakral yang dicuri yakni logam kuningan batangan sebanyak 7 batang (total berat 3.496 gram), jinah bolong (uang kepeng) sejumlah 225 keping, keris alit 1 buah, batu arca 1 biji, Panca Datu, badong perada emas.

Atas peristiwa tersebut total kerugian yang dialami oleh krama Desa Banjarangkan atas pencurian di Pura Mas Ayu, ditaksir puluhan juta rupiah.

Hingga saat ini pihak Polsek Banjarangkan masih menyelidiki peristiwa ini lebih dalam dan melakukan pengejaran terhadap pelaku pencurian.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengecek langsung di lokasi kejadian

Tanpa disangka pada kesempatan itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bahkan turun langsung ke Pura Mas Ayu, Banjarangkan didampingi Kapolsek dan Perbekel Banjarangkan untuk bertemu pangempon pura terkait kasus pencurian itu.

“Hari ini penyimpenan pratima Pura Mas Ayu, Dusun Koripan, Banjarangkan dibongkar maling. Semua pratima seperti keris, emas, batu arca, dan lainnya dibawa kabur. Mohon agar warga waspada terhadap kejadian ini,” imbau Suwirta kepada warga dan pangempon pura yang hadir di tempat kejadian. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button