Saturday, 03-12-2022
Info

Basarnas Tutup Pelatihan Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air

Denpasar | barometerbali – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) menutup secara resmi kegiatan Pelatihan Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air bagi Potensi SAR di Kota Denpasar, di BPSDM Provinsi Bali tadi Sabtu, 23 Juli 2022

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari mulai dari 18 hingga 23 Juli 2022 melibatkan sekitar 50 orang peserta dari unsur TNI/Polri, Pemerintahan, Organisasi Masyarakat serta relawan kebencanaan.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P. dalam sambutan penutupan mengutarakan apresiasinya kepada para peserta kerena telah mengikuti kegiatan dengan antusias dan semangat yang tinggi.

“Saya bangga peserta mampu mengikuti pelatihan ini dengan baik, bisa berinteraksi satu sama lain, berdiskusi serta bertukar informasi dengan peserta lainnya,” terangnya.

Darmada menambahkan pelatihan SAR tidak hanya teknis pertolongan di permukaan air saja, masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu ia mengajak para peserta untuk terus meningkatkan kompetensi melalui pelatihan – pelatihan SAR lainnya.

“Nanti ke depannya peserta yang pernah mengikuti pelatihan potensi SAR dari Basarnas, akan dipilih yang terbaik untuk mengikuti Jambore Potensi SAR di tingkat nasional yang dilaksanakan Basarnas pusat,” imbuhnya.

Pada akhir sambutannya Darmada menghimbau kepada peserta agar dapat mengaplikasikan teori dan praktek yang telah diberikan saat pelatihan khususnya saat terjadi Operasi Pencarian dan Pertolongan.

“Dengan jumlah personil Basarnas Bali yang masih terbatas dan cakupan wilayahnya kerjanya yang cukup luas, tentunya Basarnas tidak bisa bekerja sendiri. Maka dari itu kita bekali potensi SAR dengan pelatihan-pelatihan agar mampu memberikan pertolongan di awal sembari tim rescue tiba di lokasi.” tutupnya. (BB/501Krs)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button