Monday, 22-07-2024
Pendidikan

F-PAR Unud Terima Studi Banding DPWK FT Unhas Makassar

STUDI BANDING – DPWK Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) studi banding ke F-Par Unud, Kampus Jimbaran, Kamis (4/7/2022).

Jimbaran | barometerbali – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (F-Par Unud) menerima kunjungan studi banding dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (DPWK), Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (4/7).

Kunjungan ini merupakan inisiatif DPWK untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan untuk fokus dalam pemanfaatan potensi pariwisata secara berkelanjutan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dipandang perlu seiring meningkatnya kegiatan kepariwisataan di Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan studi banding ini, pihak DPWK menghadirkan 15 orang dosen yang dipimpin langsung oleh Ketua DPWK yakni Dr. Eng. Ir. Abdul Rachman Rasyid, ST., M.Si. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan II Fakultas Pariwisata, Yayu Indrawati, SS., M.Par., Ph.D., didampingi oleh Kaprodi S2 Pariwisata dan Koprodi S1 Pariwisata di Ruang Rapat Dosen, Kampus Fakultas Pariwisata Bukit Jimbaran.

Acara diawali dengan sambutan hangat oleh perwakilan kedua belah pihak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dan diskusi tanya jawab. Dalam sambutannya, Rasyid menyebut pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk benchmarking dan melihat langsung keberhasilan pariwisata Bali sekaligus upaya untuk pengembangan dan pengelolaan destinasi pariwisata di Sulawesi Selatan ke depannya. Ia juga mengaku kagum terhadap peran Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, terutama pada aspek pendidikan pariwisata yang lengkap.

“Saya salut melihat Fakultas Pariwisata Universitas Udayana memiliki jenjang pendidikan pariwisata komplit, dari D4, S1, S2 hingga S3 Pariwisata, termasuk sukses bermitra dengan para stakeholder dan masyarakat di desa-desa binaan,” ujarnya.

Sementara itu Yayu Indrawati mengungkapkan Fakultas Pariwisata Unud siap mendukung inisiatif DPWK Unhas ini.

“Kami (Fakultas Pariwisata Unud) sangat terbuka, mendukung dan siap bekerjasama dalam pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan,” katanya

Pihak DPWK Unhas berharap kunjungan studi banding ini memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada civitas akademika tentang kepariwisataan dan potensi pengembangan selanjutnya.

Selain itu, pihak DPWK Unhas juga mengharapkan wawasan tentang pengembangan desa wisata dan upaya peningkatan kontribusinya bagi kesejahteraan masyarakat di daerah yang bersangkutan.

Acara ditutup dengan penukaran cindera mata, foto bersama dan ramah tamah. (BB/501)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button