Monday, 22-07-2024
Pendidikan

FK Unud Kenalkan Kehidupan Kampus bagi 746 Mahasiswa Baru

PKKMB – FK Unud menggelar PKKMB Tahun 2022 tingkat fakultas dipusatkan di Areal Gedung FK, Kampus Sudirman, Denpasar (10/8/2022).

Denpasar | barometerbali – Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022 tingkat fakultas yang dipusatkan di Areal Gedung FK, Kampus Denpasar (10/8/2022).

PKKMB tahun ini mengambil tema “Bersinergi Mewujudkan Fakultas Kedokteran yang Unggul dan Inovatif”.  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FK Unud dan turut dihadiri oleh para Wakil Dekan, para Koordinator Program Studi Sarjana, Koordinator Tata Usaha, dan para Subkoordinator di Fakultas Kedokteran Unud.

Ketua Panitia Pelaksana dr. I Gusti Made Gde Surya Chandra Trapika, S.Ked., M.Sc., Ph.D dalam laporannya mengatakan PKKMB tahun ini diikuti oleh 779 mahasiswa yang terdiri dari 746 mahasiswa baru dan 33 mahasiswa lama.

“PKKMB akan berlangsung selama dua hari (10-11 Agustus 2022). PKKMB ini merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan kampus sehingga mereka akan menjadi lebih mudah untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus Universitas Udayana,” papar Surya Chandra.

Mulai tahun ini kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru hanya disebut PKKMB di mana untuk kepanitiaannya merupakan kolaborasi antara dosen, tendik, dan mahasiswa sesuai dengan Buku Panduan PKKMB dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek yang dalam pelaksanaan teknisnya juga dibuatkan Buku Panduan PKKMB Universitas Udayana 2022.

“Topik-topik yang disajikan dalam PKKMB tahun ini meliputi mengenal dan memahami pedoman akademik, pemanfaatan fasilitas dalam menunjang pendidikan, kehidupan kampus sebagai mahasiswa, serta pencegahan kekerasan seksual dan perundungan yang diisi oleh pimpinan Fakultas Kedokteran, tidak lupa juga topik mengenai kegiatan kemahasiswaan dan organisasi yang diisi oleh BEM FK Unud,” imbuh Surya Chandra.

Dekan FK Unud Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan PKKMB merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa guna menyesuaikan diri dengan ragam kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

Hal ini dapat meningkatkan potensi dan kreativitas dan inovasi diri mahasiswa. PKKMB juga diharapkan dapat memberikan pemahaman akan status sebagai seorang mahasiswa.

“Hari ini semuanya sudah naik status dari siswa menjadi mahasiswa, itu artinya adik-adik diharapkan memiliki kecerdasan intelektual maupun emosional yang lebih tinggi daripada seorang siswa. Maka itulah hari ini adik-adik akan diberikan pemahaman kehidupan sebagai seorang mahasiswa,” terangnya.

Sebagai penutup, tidak lupa Dr. Januartha juga mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru atas keberhasilannya melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Unud.

“Selamat atas kelulusannya sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran, dan selamat bergabung menjadi keluarga besar FK Unud.” tutupnya.

PKKMB wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru agar mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran dan telah ditetapkan keputusan bahwa setiap mahasiswa dapat mengikuti wisuda apabila telah dinyatakan lulus dalam kegiatan PKKMB.

Hari pertama kegiatan diisi penyampaian materi oleh para Wakil Dekan dan para Koordinator Program Studi masing-masing. Sementara hari kedua diisi pengenalan organisasi kemahasiswaan dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. (BB/501/rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1588-FK-Unud-Kenalkan-Kehidupan-Kampus-Bagi-746-Mahasiswa-Baru.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button