Friday, 19-07-2024
Peristiwa

Dewa Ayu Firsty Pembawa Baki Merah Putih

TANGKAPAN LAYAR: Pembawa baki Merah Putih dalam upacara Pengibaran Bendera Pusaka di Istana Merdeka Jakarta, Dewa Ayu Firsty Pembawa Merah Putih (youtube/Pakmunz)

Jakarta | barometerbali – Sosok I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Ia merupakan salah satu Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/08/2022).

Tim Pancasila Tangguh, demikian nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara di Istana Merdeka tersebut.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Paskibraka 2022 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (15/08/2022), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini. 

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 15 Agustus 2022 lalu.

Dua diantaranya pelajar yang berasal dari Karangasem, Bali. Mereka adalah I Kadek Kemala Permana Putra dan Ni Ketut Pande Suastini.

Profil I Dewa Ayu Firsty

Berikut profil dan biodata dari I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi termasuk umur, orang tua, dan asalnya, dikutip dari malangterkini.com dan berbagai sumber.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi atau Firsty adalah gadis kelahiran tahun 2006 yang sangat tertarik menjadi anggota Paskibraka bahkan sejak ia duduk di bangku sekolah dasar.

Gadis umur 16 tahun ini adalah siswi dari SMA 2 Kudus yang saat ini duduk di bangku kelas X.

Ia mengaku sangat terkejut dan bangga saat diumumkan dirinya terpilih menjadi salah satu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Firsty, begitu sapaannya, menceritakan bahwa sebelum bisa lolos Paskibraka tingkat nasional, dirinya masuk 5 besar saat seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Gadis dengan tinggi 171 centimeter ini sudah mempersiapkan diri dengan berlatih secara terus menerus baik secara akademik, fisik, maupun psikologis.

Sebelum masuk ke karantina tingkat nasional, ia mengikuti karantina di Semarang dan mengikuti latihan di sana.

Persiapan fisik untuk dapat lolos Paskibraka yang biasa ia lakukan adalah push up, sit up, lari, loncat tali dan plank.

Bahkan seakan sudah menjadi kebiasaan setiap hari bahwa ia lari selama 12 menit dan menyempatkan waktu untuk sit up dan push up satu menit menjelang tidur.

Anak tunggal dari orang tua bernama I Dewa Gede Sri Pujono Darmayudo dan Juniati ini juga selalu menjaga pola makan.

Firsty selalu makan tepat waktu, seperti sarapan sebelum pukul 7.00 WIB dan makan siangnya tidak lebih dari pukul 12.00 WIB.

Ia juga menjaga kesehatan dirinya dengan tidak minum es agar tidak drop dan sakit apalagi saat menjelang kegiatan Paskibraka ini.

Selain itu Firsty juga melakukan persiapan akademik seperti ideologi Pancasila, pengetahuan umum, Bahasa Inggris, termasuk ahlak dan budi pekerti.

Ada trik menarik dari I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi dalam melatih mentalnya agar terbiasa bertemu dengan banyak orang, yaitu dengan sering berbicara sendiri.

Firsty selalu makan tepat waktu, seperti sarapan sebelum pukul 7.00 WIB dan makan siangnya tidak lebih dari pukul 12.00 WIB.

Ia juga menjaga kesehatan dirinya dengan tidak minum es agar tidak drop dan sakit apalagi saat menjelang kegiatan Paskibraka ini.

Selain itu Firsty juga melakukan persiapan akademik seperti ideologi Pancasila, pengetahuan umum, Bahasa Inggris, termasuk ahlak dan budi pekerti.

Ada trik menarik dari I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi dalam melatih mentalnya agar terbiasa bertemu dengan banyak orang, yaitu dengan sering berbicara sendiri.

Baca Juga: Profil Qyara Maharani Putri, Pembawa Baki Duplikat Bendera Pusaka, Anggota Purna Paskibraka Duta Pancasila  

Ia sering berlatih dalam persiapan Paskibraka 2022 ini dengan berbicara sendiri membangkitkan kemauan diri sendiri agar memiliki mental yang kuat.

Berikut ini biodata I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang berhasil dihimpun Malang Terkini dari berbagai sumber.

Nama lengkap: I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi
Nama panggilan: Firsty
Kelahiran: 2006
Umur: 16 tahun
Nama ayah: I Dewa Gede Sri Pujono Darmayudo
Nama ibu: Juniati
Hobi: olahraga

Itulah profil dan biodata dari I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi lengkap dengan umur, asal daerah, orang tua, hingga prestasinya. (BB/501/BPMI Setpres/AIT/malangterkini)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button