Monday, 22-07-2024
Pendidikan

Usung Nilai Kemanusiaan, Universitas Udayana dan ICRC Tandatangani MoU

KEMANUSIAAN – Universitas Udayana dan ICRC tandatangani MoU menyangkut nilai kemanusiaan yang ada di Bali. (hms-unud)

Jimbaran | barometerbali – Universitas Udayana dan The International Committee of the Red Cross (ICRC) mengawali kerja sama secara formal yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Unud, Kampus Jimbaran, Jumat (19/8/2022).

Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Hukum Universitas Udayana dan ICRC. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi mewakili Rektor Unud, Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana, Perwakilan Panglima Komando Daerah Militer IX Udayana, Perwakilan Kepala Polisi Daerah Bali, Kepala Delegasi Regional Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Sekretaris Jendral Palang Merah Indonesia, para dosen dan mahasiswa dari Fakultas Hukum. 

Wakil Rektor Prof. Dr.dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan atas nama civitas akademika Universitas Udayana menyambut baik kerja sama yang diinisiasi Fakultas Hukum terutama yang menyangkut nilai kemanusiaan yang ada di Bali.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi seluruh civitas akademika serta masyarakat luas dan semakin menguatkan kolaborasi antara Universitas Udayana, khususnya Fakultas Hukum dengan ICRC yang dikuatkan dalam dokumen kerjasama para pihak,” ungkap Prof. Adiatmika.

Kepala Delegasi Regional Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Alexandre Faite dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini adalah untuk mencari pertautan konsep yang berlaku luas dalam masyarakat dan berlaku universal yaitu tentang kemanusiaan.

“Program dari ICRC ini akan menjadi program yang sangat panjang dengan konsep kemanusiaan yang sangat luas. Kerjasama antara ICRC dengan Universitas Udayana diharapkan dapat mengeksplorasi adat istiadat beserta nilai-nilai kemanusiaan yang ada di Bali. Pihaknya berharap MoU yang ditandatangani ini dapat memberikan manfaat lebih bagi kedua pihak,” tutur Alexandre.

Sementara Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia Sudirman Said dalam sambutannya menyampaikan bahwa dunia akan menghadapi isu-isu permasalahan kemanusiaan oleh karena itu gerakan palang merah seluruh dunia diminta bersiap untuk menjadi pelayan kemanusiaan.

“Menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan merupakan tugas dari palang merah. PMI sangat berterima kasih kepada pihak Universitas Udayana karena sudah memfasilitasi kegiatan seminar beserta bersedia melakukan MoU dan PKS dengan ICRC,” pungkas Sudirman. (BB/501/rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4785–Usung-Nilai-Nilai-Kemanusiaan-Universitas-Udayana-dan-ICRC-Tandatangani-MoU.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button