Wednesday, 24-07-2024
Pendidikan

Doktor Ilmu Kedokteran Buktikan Masase Kehamilan Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil

DOKTOR – Luh Komang Suwarma Santi, S.ST., M.Kes., (kanan) dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 360 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unud dengan predikat, “Sangat Memuaskan”. (hms-unud)

Denpasar | barometerbali – Ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda Luh Komang Suwarma Santi, S.ST.,M.Kes dengan judul disertasi “Masase Kehamilan Menurunkan Depresi, Kecemasan dan Stres Ibu Hamil dalam Program Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Kota Denpasar”, berlangsung di ruang sidang Pascasarjana Lt III, Kampus Universitas Udayana (Unud) , Jl. Sudirman Denpasar, Senin, (22/8/2022)

Dalam pemaparannya Luh Komang menyatakan ibu hamil merupakan kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan jiwa, gangguan emosional atau gangguan psikologi seperti depresi, kecemasan dan stres yang bila tidak dilakukan pencegahan atau penanganan dapat berdampak negatif terhadap ibu maupun bayi yang akan dilahirkan.

“Penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa masase kehamilan yang diberikan pada ibu hamil dalam kelas ibu hamil dapat menurunkan depresi, kecemasan dan stres,” jelasnya.

Penelitian ini imbuhnya menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan pretest and posttest control group design. Penelitian dilaksanakan dalam kelas ibu hamil di puskesmas Kota Denpasar dengan melibatkan 56 ibu hamil yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 28 ibu hamil dimasukkan dalam perlakuan kelas Ibu hamil dengan masase kehamilan dan 28 ibu hamil dimasukkan dalam kelompok kontrol yaitu kelas ibu hamil konvensional.

“Tingkat depresi, kecemasan dan stres dinilai dengan kuesioner DASS sedangkan tingkat nyeri yang dirasakan ibu hamil dinilai dengan kuesioner nyeri dan denyut nadi dinilai dengan tensimeter digital,” terang Luh Komang.

Penelitian menunjukkan hasil yang bermakna bahwa masase kehamilan dapat menurunkan depresi, kesemasan dan stres ibu hamil dalam program kelas ibu hamil. Nilai penurunan skor depresi setelah memperoleh masase kehamilan adalah pada kelompok kontrol sebesar 16,28 (kategori sedang) dan pada kelompok perlakuan skor depresi adalah 12,39 (kategori ringan) sehingga terjadi penurunan skor depresi sebesar 3,38 atau 23,9%. Nilai penurunan skor kecemasan setelah memperoleh masase kehamilan ialah skor pada kelompok kontrol sebesar 19,57 (kategori parah) dan pada kelompok perlakuan 10,93 (kategori sedang) sehingga terjadi penurunan skor kecemasan sebesar 8,64 atau 44,1%.

Nilai penurunan skor stres setelah memperoleh masase kehamilan pada kelompok kontrol adalah 20,92 (kategori sedang) dan pada kelompok perlakuan 17,11 (kategori ringan) sehingga terjadi penurunan skor stres sebesar 3,81 atau 18,2%. Pada kelompok kontrol skor nyeri sebesar 6,71 (kategori sedang) dan pada kelompok perlakuan skor nyeri adalah 2,40 (kategori ringan) sehingga terjadi penurunan skor nyeri sebesar 4,31 atau 64,2%.

“Pada kelompok kontrol skor denyut nadi sebesar 95,49 dan pada kelompok perlakuan skor denyut nadi adalah 87,99 sehingga terjadi penurunan skor nyeri sebesar 7,5 atau 7,85%. Sehingga hasil ini dapat dipakai sebagai bahan rujukan dalam pencegahan maupun penanganan depresi kecemasan dan stres pada ibu hamil,” ulas Luh Komang.

Ujian dipimpin oleh Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes., dengan tim penguji :

  1. Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) (Promotor)
  2. Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, M.Si (Kopromotor I)
  3. Dr. dr. Cokorda Bagus Jaya Lesmana, S.Ked., Sp.KJ., MARS (K) (Kopromotor II)
  4. Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM
  5. Prof. Dr. dr. I Ketut Suwiyoga, Sp.OG (K) Onk
  6. Prof. Dr. dr. Ketut Siki Kawiyana, Sp.B., Sp.OT(K)
  7. Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes
  8. Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Putra Manuaba, M.Phil
  9. Prof. Dr. dr. I Made Oka Adnyana, Sp.S (K)
  10. Dr. Luh Seri Ani, SKM., M.Kes

Sedangkan undangan akademik adalah :

  1. Dr. dr. I Nyoman Hariyasa Sanjaya, Sp.OG(K), MARS
  2. Dr. M.Yusuf, S.Si., M.Erg
  3. Dr. dr. Luh Putu Ratna Sundari, S.Ked., M.Biomed
  4. Dr. dr. Putu Ayu Asri Damayanti, M.Kes
  5. Dr. Moh. Fairuz Abadi, S.Si., M.Si

Pada ujian kali ini Dr. Luh Komang Suwarma Santi, S.ST., M.Kes., dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 360 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat, “Sangat Memuaskan”. (BB/501/rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1649-Doktor-Ilmu-Kedokteran-Buktikan-Peran-Masase-Kehamilan-dalam-Menurunkan-Kecemasan-pada-Ibu-Hamil.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button