Friday, 19-07-2024
Pendidikan

“Experience Sharing”, Lab Teknik dan Manajemen Industri Prodi TIP FTP Unud Undang Alumni yang Bekerja di Jepang Maria Theresa

SHARING – Alumni Prodi TIP FTP Unud Maria Theresa sharing ilmu dan pengalaman selama bekerja di Jepang melalui daring. (hms-unud)

Jimbaran | barometerbali – Laboratorium Teknik dan Manajemen Industri Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Udayana (TIP FTP Unud) undang Maria Theresa Meischita, S.TP., selaku Alumni Prodi TIP FTP Unud dalam acara, “Alumni Series Experience Sharing“, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian dan juga alumni secara online melalui aplikasi Webex Meeting, Senin, (22/8/2022).

Dalan kegiatan ini memberikan kesempatan kepada Maria Theresa yang saat ini bekerja di Yamazaki Kyakudo-kal, Jepang, perusahaan di bidang agroindustry, pertanian dan konstruksi untuk membagikan pengalamannya kepada mahasiswa terkait pekerjaan, perusahaan dan juga mata kuliah apa saja yang berkaitan dengan pekerjaannya saat ini.

Maria juga menjelaskan bahwa di perusahaannya saat ini bekerja menanam beberapa komoditi pertanian seperti stroberi, jagung dan juga komoditi lainnya, namun ia juga menjelaskan bahwa yang menjadi best seller dari perusahaannya adalah stroberi.

“Beberapa mata kuliah yang didapatkan di Prodi TIP juga sangat bermanfaat dan teorinya digunakan dalam bekerja seperti teknik tata cara kerja, tata letak dan penanganan bahan. Serta kewirausahaan merupakan mata kuliah yang sangat penting di sana karena selain bertani, setelah dipanen juga komoditi tersebut harus dijual,” tutur Maria.

Selain itu, alumni sharing juga memberikan feedback untuk perbaikan kurikulum prodi agar kompetensi alumni dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Kegiatan dilakukan dengan sistem talkshow yang dipandu langsung oleh Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, S.TP., M.Sc.

Prof. Dr. Ir. I Ketut Satriawan, M.T. selaku Kepala Laboratorium Teknik dan Manajemen Industri Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Udayana (TIP FTP Unud) mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian terkait lapangan pekerjaan dari lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian.

“Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran ke depannya bagi lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian dalam hal dunia pekerjaan yang berkaitan dengan agroindustri,” pungkas Prof Satriawan. (BB/501/rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1645-Experience-Sharing-Laboratorium-Teknik-dan-Manajemen-Industri-Prodi-TIP-FTP-Unud-Undang-Maria-Theresa-Alumni-Yang-Bekerja-di-Jepang.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button