Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Bupati Suwirta: Dewi Klungkung Culinary Bangkitkan Kuliner Khas Desa Wisata

BUKA – Bupati Klungkung Nyoman Suwirta membuka secara resmi Dewi Klungkung Culinary 2022 di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (26/8/2022).

Klungkung | barometerbali – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka secara resmi festival Dewi (Desa Wisata) Klungkung Culinary 2022 yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Klungkung digelar di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (26/8/2022).

Dalam sambutannya Bupati Suwirta mengatakan acara ini menjadi kolaborasi desa wisata yang ada di Kabupaten Klungkung, di mana semua desa wisata memiliki kuliner yang khas. Di tempat inilah ditunjukkan baik dari kualitas maupun kuantitas sehingga bisa membangkitkan dan memajukan semua kuliner yang ada.

“Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya, baik itu rasa, harga, maupun pelayanan yang berkualitas,” imbaunya.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Dewi Klungkung Culinary 2022 (Foto: Hms/Klkg)

Ia juga berharap yang dikolaborasikan dengan hiburan artis Pop Bali dan Komunitas Musik Klungkung ini ke depannya acara ini akan dilanjutkan dan bergilir ke desa wisata yang lain.

“Dari acara ini kita mulai, kita harapkan festival ini akan bergilir dilaksanakan di tempat desa wisata lain yang ada di Kabupaten Klungkung untuk memperkenalkan kuliner dan pemandangan di masing-masing desa wisata. Ini akan menjadi ukuran, pedoman dan barometer dari sisi harga dan kualitas menuju festival kuliner yang sama di desa wisata lainnya di Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Dewi Klungkung Culinary digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 26-28 Agustus 2022. Kegiatan yang digelar pertama kali di wilayah Klungkung ini diawali dengan pelepasan ratusan tukik di Pantai Tegal Besar ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan kuliner khas masing-masing desa wisata di Bumi Serombotan.

Bupati Suwirta berbelanja di Stand Babi Guling Mek Subur (Foto: Hms/Klkg)

Menariknya, gelaran festival ini semakin meriah dengan pertunjukan puluhan musisi dan artis kondang Pop Bali serta dihibur Komunitas Musik Klungkung.

Terdapat 16 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari masing-masing desa wisata di Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam festival diberi tajuk, “Tegalsari Negari – Energy of the Sea” ini.

Sejumlah menu khas Klungkung ditampilkan di festival ini antara lain, Babi Guling Mek Subur, Babi Kriuk Mek Sunadri, Bebek Goreng Nyalian, Lawar Bebek Tepi Carik, Betutu Bakas, Nila Nyatyat Bakas, Nasi Sela Aan, Laklak Secret Waterfall, Lawar Cumi Akah, Ayam Srobsob, Ikan Bakar, Sop Kepala Ikan, dan Sate Be Pasih, Ledok Nusa Penida dan menu khas klungkung lainnya.

Suasana pengunjung yang berbelanja di stand kuliner (Foto: Hms/Klkg)

Ketua Panitia Dewi Klungkung Culinary I Gusti Ngurah Murthana mengungkapkan, kuliner menjadi suguhan utama pada festival kali ini. Menurutnya, setiap desa memiliki budaya kuliner yang bisa menjadi sebuah daya tarik wisata.

Ia menuturkan tujuan adanya acara Dewi Klungkung Culinary 2022 ini untuk memperkenalkan dan membangkitkan kuliner tradisional yang ada di Kabupaten Klungkung kepada masyarakat umum dan wisatawan.

“Dan juga membangkitkan penggunaan rempah-rempah serta bahan baku lokal dalam membuat kuliner tradisional dan juga menghargai kuliner tradisional sebagai warisan dari leluhur,” ungkap pria yang akrab disapa Ajik Rahman ini.

Ia menambahkan di luar produk kuliner, panitia juga membuka partisipasi dari pelaku UMKM termasuk yang dari Pokdarwis Tegalsari Negari (Br. Tegal Besar, Sarimertha dan Negari) diberi kesempatan untuk berpartisipasi. Sehingga dengan demikian diharapkan festival memberikan dampak yang lebih luas terhadap perputaran ekonomi.

“Kita berharap festival ini bisa memberi semangat desa wisata di Klungkung untuk bisa semakin maju dan bisa bersaing,” ucap Ajik Rahman yang juga Ketua persatuan artis, musisi, pencipta lagu dan insan seni (Pramusti) Bali ini.

Wisatawan asing turut menikmati hidangan yang disajikan di acara Dewi Klungkung Culinary 2022 (Foto: Hms/Klkg)

Sementara itu, Ketua Forkom Dewi Klungkung I Wayan Malendra, mengungkapkan melalui daya tarik kuliner masing-masing desa wisata diharapkan menjadi awal masyarakat untuk lebih mengenal desa wisata di Kabupaten Klungkung.

“Sehingga selanjutnya menarik minat mereka untuk mengenal daya tarik desa wisata lainnya seperti keindahan alam maupun tradisi budayanya diharapkan dapat mempererat hubungan seluruh desa wisata yang ada di Klungkung untuk terus bersinergi memajukan desa wisata di Kabupaten Klungkung,” pungkas Malendra yang juga pemilik Warung Laklak Pengangon di Desa Bakas ini. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button