Friday, 19-07-2024
Ekbis

Capai Universal Health Coverage, Bupati Tabanan: Kesehatan dan JKN adalah Nomor Satu

APRESIASI – Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB BPJS Kesehatan Yudi Bastia memberikan apresiasi kepada Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya di Tabanan pada Kamis (1/9/2022). (Ist)

Tabanan | barometerbali – Kabupaten Tabanan per Agustus 2022 telah mencakup kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 442.185 jiwa (95,35%) dari total penduduk sebanyak 463.766 jiwa.

Menyambut hal tersebut, Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB BPJS Kesehatan Yudi Bastia memberikan apresiasi kepada Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM di Tabanan pada Kamis (1/9/2022)

Universal Health Coverage (UHC) adalah satu wujud nyata Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam memastikan masyarakatnya telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan menjadi Peserta JKN. UHC tercapai apabila kepesertaan Program dalam suatu daerah telah mencakup jumlah minimal 95% dari total jumlah penduduk.

Melalui UHC, Pemerintah memastikan setiap orang memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif maupun pelayanan promotif dan preventif yang efektif.

Di dalam sambutannya, Sanjaya menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas capaian cakupan kepesertaan Program JKN di Kabupaten Tabanan.

“Kepesertaan JKN menggambarkan jika kesehatan adalah nomor satu dan paling penting selain kebutuhan sandang, pangan dan papan,” jelas Sanjaya.

Ia menambahkan capaian UHC Kabupaten Tabanan adalah suatu progres yang sangat positif bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan maupun masyarakatnya.

“Program JKN merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi yang berfungsi juga sebagai jaring pengaman sosial, dengan masyarakat yg memiliki JKN maka akan lebih terlindungi sehingga dapat lebih produktif,” ujar Sanjaya.

Menyambung hal tersebut, Yudi berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN di wilayahnya. Program ini memiliki harapan agar seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati pelayanan kesehatan
secara adil dan merata sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“Dukungan dari pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota merupakan komponen kunci untuk menyukseskan Program JKN. Semoga Pemerintah Kabupaten Tabanan dapat terus mewujudkan komitmen menjadi penggerak dalam meningkatkan serta mendukung keberhasilan implementasi Program JKN sebagai program strategis nasional yang akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas masyarakat,” pungkas Yudi. (BB/501/RG/ek)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button