Wednesday, 12-06-2024
Pendidikan

Unud Kirim 138 Outbound dan Terima 100 Mahasiswa Inbound

Pada pertukaran mahasiswa dalam negeri

Badung | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) berpartisipasi aktif pada penyelenggaraan pertukaran mahasiswa dalam negeri dengan tajuk pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) 2 tahun 2022.

Unud berhasil meloloskan 138 mahasiswanya untuk outbound atau keluar mengikuti PMM di berbagai universitas di Indonesia, sebaliknya Unud kedatangan 100 mahasiswa inbound. Mahasiswa inbound sudah berada di Unud secara bertahap antara 28 – 31 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Ketua Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Unud Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si, Kamis (1/9/2022) di sela-sela kegiatan bimbingan teknis registrasi mahasiswa inbound yang dilaksanakan secara daring.

Dia menjelaskan 100 mahasiswa inbound PMM 2, terdiri dari 93 mahasiswa PMM reguler (dibiayai Kemdikbudristek) dan 7 PMM mandiri. Ditambahkan, mahasiswa PPM inbound diperbolehkan memilih 38 mata kuliah yang ditawarkan khusus untu program MBKM.

“Mahasiswa PMM mengambil 20 SKS dalam 1 semester, dengan rincian 16 SKS untuk perkuliahan di kelas dan 4 SKS perkuliahan modul nusantara,” tutur dosen Fakultas Pertanian Unud itu.

PIC PMM DN inbound di Unud Dr. Ni Luh Gede Astariyani, SH., MH dan Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini menambahkan bahwa mahasiswa PMM di Unud dibagi dalam lima kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 18-19 mahasiswa dan selama mengikuti kegiatan modul nusantara akan didamping satu dosen modul dan mentor.

“Dosen modul adalah dosen Unud yang telah lolos seleksi menjadi penyelenggara kegiatan modul. Seleksinya dilakukan dalam dua tahap yakni test kebhinekaan dan TOT Modul Nusantara yang diselenggarakan Kemdikbudristek,” tutur Dr. Ni Luh Gede Astariyani.

Dijelaskan ada lima dosen Unud yang dipercaya sebagai dosen modul nusantara yakni Tri Anggaraini Prajnawrdhi, ST,MT,MURP, PhD; Komang Rahayu Indrawati, S.Psi., M.Si; Agus Muriawan Putra, SST.Par, M.Par; Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom; dan Dr. I Made Sarjana, SP., M.Sc.

Sementara itu lima mentor ditunjuk mendampingi dosen modul adalah mahasiswa aktif di Unud yakni Anggun Cahyaning Ratri, Pande Putu Devo Punda Maheswara, I Gusti Gde Satya Anggara Wiraputra, Ni Made Galuh Agustina dan Made Mayu Savitri.

Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini menjelaskan mahasiswa PMM 2 di Unud terdiri dari dua kategori yakni mahasiswa inbound PMM2 reguler dan PMM Mandiri. PMM2 reguler diikuti 93 mahasiswa dari sejumlah universitas seperti Universitas Musamus Merauke, Universitas Muhammadiyah Semarang, UPN Veteran Jatim, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Manado, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Jember, Universitas Pattimura dan yang lainnya.

Sedangkan PMM mandiri diikuti 7 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Lebih lanjut dijelaskan mahasiswa yang ikut PMM akan terdaftar sebagai mahasiswa Unud selama 1 semester, dan dosen modul ditunjuk sebagai pembimbing akademis. Untuk itu, mahasiswa PMM akan terdaftar sebagai mahasiswa pada prodi asal dosen modul yang bersangkutan.

Sementara itu, Sekretaris MBKM Unud Dr. Ni Luh Ramaswati Purnawan, S.S., M.Comn. menyampaikan terima kasih atas kelancaran proses penerimaan mahasiswa inbound di Unud. Hal itu, katanya, berkat dukungan penuh dari pimpinan Unud serta BKM dan BAA dalam proses administrasi.

“Selama mengikuti perkuliahan di Unud, mahasiswa inbound tinggal di akomodasi milik Unud yakni rumah susun untuk mahasiswa (rusunawa), semoga kami dapat melayani mahasiswa inbound dengan baik,” tutup alumni Program Doktor Pariwisata itu. (BB/501/rls)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button