Friday, 19-07-2024
Breaking News

Ratu Elizabeth II Berpulang di Usia 96 Tahun

London | barometerbali – Ratu Inggris Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun usai kesehatannya menurun sejak tahun lalu. Kabar itu dikonfirmasi kerajaan melalui media sosial pada Kamis (8/9/2022).

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini,” cuit The Royal Family.

Sebelumnya, Tim Dokter Kerajaan Inggris menyatakan khawatir akan kesehatan Sang Ratu.

Tim dokter di Istana Buckingham sempat melakukan pemantauan intensif beberapa bulan terakhir ini.

Ia juga sempat mendapat rekomendasi dari tim dokter agar Elizabeth lebih banyak istirahat daripada menghadiri sejumlah acara.

Di tengah kondisi kesehatan yang memburuk sejumlah pejabat Inggris ramai-ramai menyampaikan harapan baiknya.

PM Inggris yang baru terpilih misalnya, Liz Truss, mengkhawatirkan kondisi Sang Ratu. Sementara itu, ketua Majelis Rendah Lindsay Hoyle juga menyampaikan harapan terbaik untuk Elizabeth.

Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 di Bruton, Street, London. Ia merupakan istri Pangeran Philip.

Tidak ada pernyataan resmi terkait penyebab kematian Ratu Elizabeth II hingga kini. Namun beberapa saat sebelum ia meninggal, tim dokter menyinggung masalah mobilitas dan kondisi penguasa Inggris tersebut dalam pengawasan ketat.

Persoalan mobilitas mulai mengemuka pada Oktober 2021 ketika dalam sebuah kesempatan, ia tampil dengan menggunakan tongkat. Tak lama berselang ia diam-diam dirawat di Rumah Sakit King Edward VII untuk masalah kesehatan yang hingga kini belum diketahui jelas.

Adapun kekhawatiran terkait kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II meningkat pada November 2021 saat ia tidak menghadiri sejumlah acara penting. Termasuk di antaranya pertemuan Cop26 di Glasgow, Skotlandia.

Diketahui pada Februari 2022, Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19. Padahal ia sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak tiga kali dan mengalami gejala ‘cold-like symptoms‘. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button