Friday, 19-07-2024
Peristiwa

Prof Nengah Duija Resmi Jabat Dirjen Bimas Hindu

Caption: Prof. Dr. Drs I Nengah Duija, M.Si saat dilantik oleh Menteri Agama RI menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (BB/bimas/hindu)

Jakarta | barometerbali – Prof. Dr. Drs I Nengah Duija, M.Si resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu setelah dilantik oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, di Auditorium H.M Rasyidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

“Visi dan misi saya membangun Hindu di seluruh Nusantara dengan aspiratif terhadap nilai-nilai kearifan lokal secara adil tanpa diskriminasi dan perbedaan. Kemudian melaksanakan kajian terhadap situasi sosial yang berkembang dalam proses pengambilan keputusan,” ungkap Prof Duija dikutip dari laman resmi bimashindu.kemenag.go.id.

Selain itu ia juga berharap ke depan Bimas Hindu memiliki big data yang transparan dan bisa diakses oleh umat Hindu di seluruh Indonesia, serta pembenahan tata kelola organisasi yang sehat.

“Jabatan Dirjen adalah sebuah amanah yang sejatinya semua komponen umat Hindu harus bersatu dengan semangat yang sama dalam membangun dan memajukan Hindu Nusantara” tutur Duija asal Bangli kelahiran tahun 1967 ini.

Ia sebelumnya menjabat sebagai Guru Besar Mata Kuliah Antropologi Budaya pada Kelompok Jabatan Fungsional Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, dan terlibat aktif dalam organisasi Majelis Kebudayaan Bali dengan jabatan Ketua Komisi Penguatan Objek Sakral di tahun 2021.

Mengawali karier sebagai Aparatur Sipil Negara di tahun 2001 dengan jabatan Assisten Ahli pada Unit Peneliti dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pangkat Penata Muda Tk.I Golongan III/b pada Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar kini menjadi Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI dengan pangkat Pembina Utama Golongan IV/e.

Prof Duija bersama istri, Ni Luh Yeni Rosani menjelang pelantikan (Foto: istimewa)

Prof Duija memperoleh gelar pendidikan S1 pada Fakultas Sastra tahun 1991,S2 Jurusan Kajian Budaya tahun 2000 dan S3 Jurusan Kajian Budaya tahun 2005 di Universitas Udayana Bali.

Pada bursa pemilihan Dirjen Bimas Hindu RI kali ini, Prof. Nengah Duija berhasil menggeser dua kandidat lain yakni Prof. I Nyoman Sueca dan Prof. I Nyoman Yoga Segara. Namun, ketiganya merupakan dosen pengajar di UHN IGB Sugriwa.

Sementara I Nyoman Sueca merupakan guru besar UHN IGB Sugriwa yang dikukuhkan 25 Mei lalu. Sebelumnya, pria asal Desa Lodtunduh ini megawali menjadi PNS di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Gde Pudja Mataram.

Satu lagi calon yakni Wakil Rektor II UHN IGB Sugriwa, Dr I Nyoman Yoga Segara.

Dalam bursa pemilihan Dirjen Bimas Hindu, ketiga kandidat ini berupaya untuk memajukan Hindu di Nusantara melalui visi masing-masing. (BB/501/bimashindu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button