Friday, 19-07-2024
Ekbis

Banyak Investor Pindah ke Negara lain, Delfian Harap Pemerintah Permudah Izin

Batam | barometerbali – Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kepulauan Riau (Kadin Kepri), Delfian Hertinus menyatakan aturan yang diterbitkan pemerintah semestinya mempermudah dan memangkas birokrasi dalam mengurus perizinan usaha atau menerapkan prinsip debirokratisasi.

“Logikanya, apabila izin usaha dipermudah maka investasi akan tumbuh pesat sehingga perekonomian otomatis akan terangkat, dan pendapatan negara juga turut terdongkrak karena di situ ada pajak, cukai, retribusi, PNBP dan lainnya,” ungkap pengusaha Delfian Hertinus dalam rilis kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Ia berharap kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dapat selaras dengan tuntutan dunia usaha serta memudahkan iklim investasi.

“Selama ini saya mendengar banyak para pelaku usaha cenderung memilih pindah ke negara tetangga antara lain Vietnam dan Thailand,” tandas Delfian Hertinus yang juga Sekretaris Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Kepri ini.

Alasannya mereka menurut Delfian karena negara tersebut aturannya lebih simpel dan ramah terhadap para investor dan hendaknya Indonesia perlu mencontoh.

“Sebagai contoh di negara kita terkadang aturan itu berubah-ubah, pusat dan daerah buat aturan berbeda. Banyak pungutan tidak resmi dan itu yang selama ini dikeluhkan para pelaku usaha. Kalau ini tidak segera kita perbaiki akan membuat minat investor berusaha di Indonesia menjadi berkurang,” keluhnya.

Di masa mendatang sebutnya, dengan terkendalinya wabah Covid-19, dijadikan momentum untuk melakukan pembenahan yang tentunya pemerintah harus menarik investor sebanyak-banyaknya agar ekonomi kembali bangkit dan lapangan pekerjaan tersedia banyak.

“Kami dari pelaku usaha akan mendukung kebijakan pemerintah memulihkan ekonomi, serta berharap pemerintah semakin mempermudah para pelaku usaha dan para investor sehingga perekonomian negara kita akan berkembang pesat karena itu yang dibutuhkan saat ini,” pungkas Delfian. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button